Sukses


Profil Penyerang Timnas Indonesia U-20 Hokky Caraka: Sempat Jadi Bek dan Idolakan Aguero

Bola.com, Surabaya - Hokky Caraka mencuri perhatian pada laga pertama Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Hokky mencetak tiga gol alias hattrick pada pertandingan melawan Timor Leste, Rabu (15/9/2022) malam WIB.

Trigol Hokky Caraka pada laga itu cukup komplet. Sebab, penyerang berusia 18 tahun tersebut mencetak gol lewat kaki dan juga kepalanya.

Hokky Caraka tampak ingin menunjukkan eksistensinya sebagai penyerang. Sebab, ia sudah tampil lumayan bagus bersama Timnas Indonesia U-19 di ajang Piala AFF U-19 2022.

Hokky Caraka menjalani karier yang menarik. Ia lahir di Ponjong, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada 21 Agustus 2004. Sejak masih balita, Hokky disebut sudah tertarik dengan sepak bola.

Sosok yang akarab disapa Raka itu kemudian bergabung dengan SSB Putra Handayani pada usia 9 tahun. Ketika memasuki usia 14 tahun, Hokky Caraka masuk SSB Persopi Elti Piyungan, lantas bergabung dengan klub PSS Sleman. Klub tersebut masih ia perkuat sampai saat ini.

 

2 dari 5 halaman

Sempat Jadi Bek

Kini Hokky dikenal sebagai striker potensial. Namun, rupanya ia harus melewati proses panjang dalam kariernya.

Ketika masih di level SSB dan junior, Hokky bukanlah seorang striker. Ia justru kerap dipasang sebagai bek tengah atau bek sayap.

Bahkan, posisi bek tengah itu terus diperankan Hokky saat sudah memperkuat PSS Sleman Junior. Akan tetapi ketika masuk Garuda Select, pelatih Dennis Wise mengubah posisi Hokky menjadi striker.

Wise merasa Hokky memiliki kecepatan yang mumpuni untuk menjadi striker. Keputusan Wise itu pun berbuah hasil dengan perkembangan Hokky Caraka saat ini.

 

3 dari 5 halaman

Idolakan Aguero

Setiap pesepak bola pasti memiliki sosok pemain lain yang diidolakan. Begitu pula Hokky Caraka yang mengidolakan striker hebat asal Argentina, Sergio Aguero.

Hokky merasa cara bermain Aguero cukup sederhana. Tetapi eks pemain Atletico Madrid, Manchester City, dan Barcelona itu sangat pintar terutama dalam menempatkan diri di posisi yang tepat untuk mencetak gol.

"Pemain kesukaan saya Sergio Aguero. Cara mainnya sederhana, tetapi dia pintar mencari posisi dan memiliki tendangan keras. Dia jadi panutan saya sebagai penyerang," tutur Hokky Caraka di Mola TV.

 

4 dari 5 halaman

Bakal Terus Berkembang

Dengan usia yang masih 18 tahun, Hokky Caraka memiliki masa depan yang sangat panjang di dunia sepak bola. Namun, ia harus terus berkembang dan tidak takut dengan tantangan baru.

Hokky pun harus berani mengambil keputusan penting demi perkembangan kariernya. Termasuk keluar dari zona nyaman dan berani bermain di luar negeri.

 

5 dari 5 halaman

Hasil dan Jadwal Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

Rabu, 14 September 2022:

  • Vietnam 5-1 Hong Kong
  • Timnas Indonesia U-20 4-0 Timor Leste

Jumat, 16 September 2022:

  • Timor Leste Vs Vietnam
  • Hong Kong Vs Timnas Indonesia U-20

Minggu, 18 September 2022:

  • Hong Kong Vs Timor Leste
  • Timnas Indonesia U-20 Vs Vietnam

Video Populer

Foto Populer