Sukses


Duel Pelatih Persib Vs Barito Putera di BRI Liga 1: Adu Taktik Luis Milla Kontra Vitor Tinoco

Bola.com, Bandung - Persib Bandung akan menjamu Barito Putera pada pekan ke-10 BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Jumat (16/9/2022) sore WIB.

Duel Maung Bandung kontra Laskar Antasari ini akan menjadi duel pelatih baru yakni Luis Milla asal Spanyol di kubu Persib dan Vitor Tinoco asal Brasil di skuad Barito Putera.

Luis Milla memang baru datang ke tubuh Maung Bandung setelah Robert Alberts memutuskan mundur, sedangkan Barito Putera ditinggalkan Dejan Antonic setelah dipecat manajemen lantaran tidak puas dengan hasil empat pertandingan di BRI Liga 1 musim ini.

Manajemen Barito Putera mengangkat asisten pelatihnya asal Brasil, Vitor Tinoco sebagai carataker dibantu Sofyan Morhan.

2 dari 6 halaman

Kiprah Luis Milla Lebih Mentereng

Secara pengalaman tentu Luis Milla lebih unggul. Maklum, sebelum menangani Persib Bandung, pelatih berusia 56 tahun itu pernah menangani Timnas Indonesia pada tahun 2017-2018.

Luis Milla sendiri baru memimpin dua pertandingan Persib di Liga 1 musim ini. Dari dua laga itu, Persib memetik poin sempurna, yakni menang lawan RANS Nusantara FC (2-1) dan menang lawan Arema FC (2-1).

Tentunya menjadi awal yang manis bagi Luis Milla. Selain itu, rasa percaya diri pasukannya semakin meningkat setelah menang dua kali secara beruntun sebagai bekal untuk menghadapi Barito Putera nanti.

3 dari 6 halaman

Menaruh Respek

Pelatih Persib Bandung, Luis Milla mengaku pertandingan lawan Barito Putera nanti menjadi pertandingan yang sangat penting bagi tim besutannya.

"Tapi kami sangat menghargai dan respek terhadap Barito Putera yang memiliki pemain-pemain bagus. Saya kenal beberapa pemain mereka di posisi gelandang, ada Rizky Pora, ada Bayu Pradana. Barito tim yang bagus," ujar Luis Milla menjelang laga.

Sang pelatih berharap pasukannya tetap fokus kepada pertandingan, sebab menurutnya kemenangan dilaga nanti cukup penting bagi Persib dalam melanjutkan pertandingan-pertandingan di Liga 1 musim ini.

"Penting bagi kami bagaimana melanjutkann pertandingan Persib, konsistensi pemain dengan kemenangan, apalagi pertandingan nanti banyak dukungan dari suporter, layaknya tim besar seperti Persija, Persebaya, dan Arema," tutur Milla.

4 dari 6 halaman

Tugas Berat Vitor Tinoco

Sebaliknya, sepeninggalnya Dejan Antonic, tim Barito Putera masih sulit untuk bangkit. Dari tiga laga Barito Putera di bawah asuhan Vitor Tinoco hasilnya kurang memuaskan.

Tiga laga Barito Putera itu yakni kalah lawan RANS Nusantara FC (1-2), imbang lawan Arema FC (1-1), dan kalah oleh Persija Jakarta (0-1).

Maka itu, pertemuan dual Persib versus Barito Putera nanti akan menjadi adu taktik dari dua pelatih anyar. Persib tentunya ingin mempertahankan trend positif, terlebih bermain di kandang sendiri.

Sementara itu, Barito Putera tentu ingin bangkit setelah dalam sembilan laga yang sudah dilalui baru merasakan menang satu kali yakni saat lawan Borneo FC (3-1).

5 dari 6 halaman

Paham Kekuatan Persib

Vitor Tinoco tidak menganggap hal yang berkurang dari Persib meski harus kehilangan tiga pemainnya, seperti Febri Hariyadi, Erwin Ramdani, dan Frets Butuan.

"Kami tahu materi pemain Persib bagus. Jadi kalau Persib tidak bisa pakai beberapa pemain, masih ada pemain lain yang bisa main bagus," ungkap Vitor.

Kekuatan Barito Putera sendiri lanjut Vitor Tinoco belum full tim saat lawan Persib nanti lantaran ada empat pemain yang sedang mengalami cedera.

"Kami masih ada empat pemain yang cedera dan masih ada yang terapi, jadi kami bawa pemain yang siap 100 persen," tegas Tinoco.

6 dari 6 halaman

Yuk Tengok Posisi Persib dan Barito Putera Saat Ini

Video Populer

Foto Populer