Sukses


BRI Liga 1: Rahmad Darmawan Beberkan Kunci Sukses RANS Nusantara Tumbangkan Persebaya

Bola.com, Sidoarjo - Pelatih RANS Nusantara FC, Rahmad Darmawan, tak sungkan membagi rahasia kemenangan 2-1 timnya atas Persebaya Surabaya pada laga pekan ke-10 BRI Liga 1 2022/2023 di Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (15/9/2022).

Kemenangan yang direbut The Prestige Phoenix terbilang heroik. Sebab, mereka tertinggal lebih dulu dari Persebaya Surabaya lewat aksi Sho Yamamoto pada menit ke-28.

Tetapi mereka berhasil bangkit pada paruh kedua. Edo Febriansah menciptakan brace ke gawang Andhika Ramadhani pada menit ke-64 dan 88'. RANS Nusantara FC akhirnya menyegel kemenangan tandang perdana pada musim ini.

"Selamat buat para pemain yang sudah bermain sangat baik dan menghasilkan tiga poin. Laga tidak mudah, kami tertinggal dan pada babak kedua kami merasakan pressure dari Bonek (julukan fans Persebaya)," ungkapnya.

"Tetapi di tengah kesulitan babak pertama, kami main lebih efektif. Kami ubah skema dari 3-5-2 ke 4-3-3. Itu yang membedakan. Bola jadi lebih cepat sampai ke depan," imbuh pria yang akrab disapa RD tersebut.

 

2 dari 5 halaman

Alasan Perubahan Taktikal

Dengan perubahan taktikal tersebut, RANS Nusantara memang mengincar kelengahan lini belakang lawan. Ketiadaan Leo Lelis dan Rizky Ridho coba dimaksimalkan dengan kecepatan pemain RANS dalam serangan balik.

Edo yang pada babak pertama main di posisi wing-back kiri didorong lebih ke depan. Berkat strategi itulah, Edo berhasil menciptakan dua gol kemenangan atas Persebaya Surabaya.

"Babak pertama kami kekurangan pemain di depan. Lawan mudah mematahkan serangan karena ada gap yang jauh dari tengah ke depan," jelasnya.

"Jadi saya coba ubah dengan segala risikonya dengan menempatkan Edo dari wing-back menjadi winger di kiri. Pemain dapat momentum karena Persebaya enggak full-team," imbuh pelatih berusia 55 tahun itu.

 

3 dari 5 halaman

Sempat Marah-Marah

Walaupun bersyukur mampu merebut tiga poin pertama di markas lawan, eks pelatih Sriwijaya FC itu masih memiliki sejumlah evaluasi untuk pemainnya. Dia memang terlihat cukup kesal terutama pada babak pertama.

"Ini pertama kali kami dapat tiga poin di laga tandang. Pemain sangat senang dan ini bisa menambah moral pemain. Tetapi saya sedikit marah karena di babak pertama terlalu banyak dribling yang enggak penting," tandasnya.

 

4 dari 5 halaman

Hasil dan Jadwal Pertandingan Pekan Ke-10:

Selasa, 13 September 2020

  • Bhayangkara FC 2-2 Borneo FC Samarinda

Rabu, 14 September 2022

  • Persita Tangerang 1-0 PSIS Semarang

Kamis, 15 September 2022

  • Persebaya Surabaya 1-2 RANS Nusantara
  • Persikabo 1973 2-0 PSS Sleman
  • Dewa United 1-1 PSM Makassar
  • Persis Solo 2-0 Bali United

Jumat, 16 September 2022

  • Persib Bandung Vs Barito Putera

Sabtu, 17 September 2022

  • Persik Kediri Vs Arema FC
  • Persija Jakarta Vs Madura United
5 dari 5 halaman

Simak Posisi Klub Favorit Kamu di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer