Sukses


Ulasan Performa Lini Belakang Timnas Indonesia di Dua Laga Kualifikasi Piala Asia U-20 2023: Harus Super Fokus Saat Hadapi Vietnam

Bola.com, Surabaya - Timnas Indonesia U-20 sudah menjalani dua laga di Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Di laga pertama melawan Timor Leste pada Rabu (14/9/2022) lalu, Garuda Nusantara menang 4-0 atas Timor Leste.

Di laga kedua yang berlangsung, Jumat (16/9/2022) malam lalu, Timnas Indonesia U-20 kembali meraih kemenangan. Kali ini Hong Kong berhasil dicukur tim asuhan Shin Tae-yong dengan skor 5-1.

Pada dua laga tersebut, Shin Tae-yong menurunkan komposisi lini belakang yang berbeda. Di laga melawan Timor Leste, Shin memakai formasi awal 4-2-3-1. Meski dalam berjalannya laga, formasi ini bisa berubah menjadi 3-4-3.

Di formasi 4-2-3-1 itu, Shin memilih Kakang Rudianto, Muhammad Ferari, Dimas Juliono, dan Frenky Missa sebagai kuartet di lini belakang. Penampilan keempatnya cukup baik.

Ferari dan Juliono tangguh di lini belakang. Sementara Missa dan Kakang mampu bergerak dinamis di posisi masing-masing di sisi sayap.

 

 

 

 

2 dari 4 halaman

Rotasi Besar-Besaran

Di laga melawan Hong Kong, Shin Tae-yong melakukan rotasi besar-besaran. Empat pemain belakang yang dipilih pelatih asal Korea Selatan itu sangat berbeda ketimbang laga pertama.

Ketika melawan Hong Kong, Shin memilih Dia Syayid Alhawari, Ahmad Rusadi, Achmad Maulana Syarif, dan Barnabas Sobor di lini belakang. Rusadi didapuk menjadi kapten di laga ini.

Penampilan keempatnya sebenarnya cukup bagus. Namun, di babak kedua ada sedikit blunder yang mereka lakukan.

Ahmad Rusadi melakukan handsball yang berbuah tendangan penalti untuk Hong Kong. Komunikasi antara Cahya Supriadi dengan Rahmat Beri yang membantu pertahanan pun tidak berjalan mulus.

 

 

3 dari 4 halaman

Cahya Supriadi Terancam Absen

Timnas Indonesia U-20 selalu mengandalkan Cahya Supriadi di dua laga awal Grup F Piala Asia U-20 2023. Namun, kiper Persija Jakarta itu diragukan tampil saat melawan Vietnam pada Minggu (18/9/2022) nanti.

Cahya mengalami cedera di laga melawan Hong Kong. Insiden tabrakannya dengan Rahmat Beri bahkan sempat membuat Cahya tak sadarkan diri.

Ia sempat harus dibawa dengan mobil ambulans menuju rumah sakit terdekat dari Stadion Gelora Bung Tomo. Kabar terkini menyebutkan Cahya sudah sadar penuh.

 

4 dari 4 halaman

Opsi Pengganti

Namun, ia masih harus menjalani serangkaian pemeriksaan medis untuk memastikan kondisinya. Jika Cahya absen, masih ada dua kiper lain yang siap menggantikan.

Dua sosok yang dimaksud adalah Erlangga Dwi Setyo Saputro dan Aditya Arya Nugraha siap dimainkan. Aditya sudah dimainkan menggantikan Cahya di laga melawan Hong Kong. Penampilan kiper Persebaya itu cukup apik di laga itu.

Video Populer

Foto Populer