Sukses


Timnas Indonesia U-20 Gunakan Formasi 3 Bek di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023: Harus Lebih Disiplin Saat Hadapi Vietnam

Bola.com, Surabaya - Timnas Indonesia U-20 makin akrab dengan formasi 3 pemain bertahan di Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.Dalam dua laga kontra Timor Leste dan Hong Kong, Shin Tae-yong memasang formasi mengandakan tiga bek dengan hasil kemenangan besar.

Timnas Indonesia U-20 meraih kemenangan telak 4-0 atas Timor Leste dan 5-1 atas Hong Kong. Kemenangan besar tersebut tak lepas dari skema permainan menggunakan tiga bek yang membuabt tim lebih kuat ketika menyerang.

Namun, apakah Timnas Indonesia U-20 tetap mempertahankan skema ini dalam laga terakhir Grup F melawan Vietnam? Dari segi kekuatan, Vietnam lebih tangguh ketimbang dua tim yang sudah takluk dari Tim Garuda Nusantara.

 

2 dari 5 halaman

Ada Keungguan dan Kelemahan Tersendiri

Mantan pemain Timnas Indonesia asal Bali, I Made Pasek Wijaya, memberikan pandangannya. Menurutnya, formasi 3 bek punya kelebihan dan kelemahan tersendiri.

"Setiap strategi pasti ada positif dan negatifnya, termasuk memasang tiga pemain belakang, seperti 3-4-3 atau 3-5-2 yang diterapkan oleh Timnas Indonesia U-20," ujar Made Pasek Wijaya.

"Saya melihat dalam dua pertandingan melawan Timor Leste dan Hong Kong bagus sekali. Presssing tinggi yang diterapkan membuat lawan tak punya banyak ruang," lanjut mantan pemain Pelita Jaya itu.

 

3 dari 5 halaman

Lawan Vietnam Bakal Berbeda

Namun, bukan berarti skema ini tanpa celah. Ketika melawan Vietnam, harus ada satu catatan yang perlu diperbaiki, yakni transisi dari menyerang ke bertahan, karena Vietnam memiliki materi pemain bagus dan cepat. Jika tidak disiplin ketika bertahan, lini belakang bisa kedodokran.

"Kalau kena serangan balik, tiga pemain belakang kadang agak riskan. Makanya transisinya harus cepat," ujar Made Pasek Wijaya.

"Bisa juga dua winger turun membantu pertahanan kalau melawan Vietnam nanti. Jadi akan ada lima pemain belakang ketika sedang dalam tekanan," lanjutnya.

 

4 dari 5 halaman

Materi Pemain Mumpuni

 

Dari materi pemainnya, Pasek Wijaya melihat Timnas Indonesia U-20 sudah mumpuni. Ada pemain seperti Muhammad Ferrari, Dimas Juliano, Barnabas Sobor, Ahmad Rusadi, Dia Syadid, dan lainnya punya kemampuan yang bagus.

"Postur mereka juga bagus di belakang. Saya mengamati banyak pemain dengan posisi ideal untuk duel dengan pemain lawan. Tinggal bagaimana mereka bermain disiplin saat mendapatkan serangan dari lawan," ujar mantan asisten pelatih Arema FC itu.

5 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia U-20 Vs Vietnam

Timnas Indonesia U-20 vs Vietnam

  • Stadion: Gelora Bung Tomo, Surabaya
  • Minggu, 18 September 2022
  • Kick-off: 20.00 WIB
  • Live: Indosiar
  • Streaming: Vidio

Video Populer

Foto Populer