Sukses


Head-to-Head Shin Tae-yong Vs Dinh The Nam: Saatnya Pembalasan, Timnas Indonesia U-20!

Bola.com, Surabaya - Timnas Indonesia U-20 akan melakoni duel sengit dalam laga pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Mereka berjumpa Vietnam di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (18/9/2022).

Laga ini merupakan ajang balas dendam. Sebab, kedua tim sudah berjumpa dengan nama tim U-19 dalam Piala AFF U-19 2022 lalu. Hasilnya, Timnas Indonesia U-19 yang tampil trengginas di fase grup dibuat gagal melaju ke fase gugur.

Vietnam U-19 dianggap sengaja mengincar hasil imbang 1-1 saat berhadapan melawan Thailand U-19 pada laga terakhir penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022, 11 Juli 2022 lalu.

Saat itu, Thailand, Vietnam, dan Timnas Indonesia U-19 sama-sama telah mengoleksi 11 poin. Penentuannya lantas menggunakan head-to-head. Timnas Indonesia U-19 pun tersingkir lantaran selalu bermain imbang 0-0 kontra Thailand dan Vietnam.

Hasil imbang dengan skor 1-1 antara Thailand kontra Vietnam juga menjadi perbincangan. Sebab, itu membuat mereka punya koleksi gol jika diadu head-to-head dengan Indonesia. Banyak yang menuduh ada main mata di antara kedua tim tersebut.

Hasil tersebut membuat harapan Timnas Indonesia U-19 untuk melaju ke semifinal kandas. Padahal, di laga terakhir Garuda Nusantara berhasil melumat Myanmar dengan skor 5-1.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Misi Balas Dendam

Pelatih Shin Tae-yong sendiri punya kesempatan untuk menundukkan Vietnam dengan misi balas dendam dalam laga ini. Apalagi, materi pemain dari kedua tim tidak jauh berbeda.

Shin Tae-yong tentu sudah mafhum dengan gaya permainan Vietnam. Pengalamannya menghadapi tim satu ini dalam berbagai ajang, mulai SEA Games hingga Piala AFF, membuatnya paham dengan kemampuan tim lawan.

Rekam jejak Shin Tae-yong tentu sudah tidak diragukan lagi dan telah banyak diketahui publik Indonesia. Pelatih asal Korea Selatan itu mampu membuat permainan Timnas Indonesia lebih atraktif dan terstruktur dalam menyerang.

3 dari 6 halaman

Sosok Dinh The Nam

Sedangkan Vietnam masih mengandalkan pelatih Dinh The Nam, sosok yang juga membesut Vietnam U-19 di Piala AFF U-19. Namanya sebenarnya agak asing bagi publik Indonesia.

Sebelumnya, Vietnam U-19 mungkin identik dengan pelatih Park Hang-seo. Piala AFF U-19 ini Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) mengutus Dinh The Nam untuk memimpin Vietnam U-19.

Dinh The Nam baru saja menempati posisi pelatih Vietnam U-19 pada awal April 2022 lalu. Sebelumnya, dia juga pernah menjabat sebagai caretaker manager dari Vietnam U-23 pada Februari 2022.

Dinh The Nam sendiri pernah mengasuh Timnas Vietnam U-23 pada ajang Piala AFF U-23 2022. Sebelumnya, dia pernah menukangi Timnas Vietnam U-16 pada pagelaran Piala Asia U-16 pada 2016.

4 dari 6 halaman

Juara Piala AFF U-23

Selain itu, Dinh The Nam juga diketahui sebagai mantan pemain sepak bola, sebelum akhirnya terjun ke dunia kepelatihan. Dikutip dari situs Thanh Nien, mengawali kariernya sebagai pemain, Dinh The Nam berasal dari akademi Hai Phong.

Kemudian, pada awal karier kepelatihannya, Dinh The Nam melatih pemain muda tim The Cong dan PVF sebelum akhirnya menukangi Timnas Vietnam Junior di berbagai jenjang usia.

Lebih lanjut, pada sejarah penunjukannya sebagai pelatih Timnas Vietnam U-19, VFF sendiri berkaca pada hasil yang sebelumnya diraih oleh Dinh The Nam.

Dinh The Nam berhasil membawa Vietnam U-23 juara Piala AFF U-23 2022. Kala itu, mereka berhasil menumbangkan Thailand U-23 dengan skor akhir 1-0.

 

5 dari 6 halaman

Bakal Sengit

Kini keduanya akan berjumpa menemani Timnas Indonesia U-20 dan Vietnam U-20 Duel ini diprediksi bakal berlangsung sengit. Sebab, kedua tim memiliki raihan yang sangat mirip dari hasil dua pertandingan sebelumnya melawan Timor Leste dan Hong Kong di Grup F.

Timnas Indonesia U-20 telah mengoleksi enam poin hasil dari dua kali menang dalam dua laga. Mereka unggul 4-0 atas Timor Leste dalam pertandingan pertama, kemudian menang 5-1 kontra Hong Kong.

Vietnam juga berhasil mengemas enam poin dengan menundukkan Hong Kong dan Timor Leste. Skornya pun mirip, yakni menang 5-1 dulu atas Hong Kong, kemudian berhasil unggul 4-0 kontra Timor Leste.

6 dari 6 halaman

Harus Berjuang Keras

Hal ini tentu akan membuat duel Timnas Indonesia U-20 bersaing ketat dengan Vietnam di laga terakhir demi memperebutkan status juara Grup F yang jadi tiket otomatis ke putaran final Piala Asia U-20 2023.

Hanya juara masing-masing grup yang dipastikan lolos langsung ke putaran final Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan. Sedangkan tiket jalur runner-up grup hanya tersedia lima saja dari total 10 grup babak kualifikasi.

Artinya, Timnas Indonesia U-20 harus berjuang keras untuk menundukkan Vietnam. Hasil imbang akan membuat koleksi poin, selisih gol, angka memasukkan serta kemasukan sama. 

Ada kemungkinan laga antara Timnas Indonesia U-20 melawan Vietnam pada Minggu (18/9/2022) bisa diselesaikan lewat adu penalti. Hal itu harus dilakukan ketika laga ini berakhir imbang hingga waktu normal usai.

 
Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer