Sukses


FIFA dan PSSI Luncurkan Maskot Piala Dunia U-20 2023 Bernama Bacuya, Apa Maksud dan Maknanya?

Bola.com, Jakarta - FIFA, PSSI, dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) meluncurkan maskot Piala Dunia U-20 2023 yang bernama Bacuya.

Launching Bacuya sebagai maskot Piala Dunia U-20 di Indonesia pada tahun depan digelar berbarengan dengan Car Free Day (CFD) di Bundaran HI hingga Monas pada Minggu (18/9/2022) pagi WIB.

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan menjelaskan bahwa Bacuya adalah badak bercula jawa atau yang lebih populer dengan badak jawa.

"Bacuya adalah badak bercula jawa. Maskotnya masih nuansa Indonesia," imbuh pria yang karib dipanggil Iwan Bule tersebut.

2 dari 5 halaman

Representasi Indonesia

Iriawan mengungkapkan bahwa badak bercula satu hanya terdapat di Indonesia sehingga layak menjadi representasi untuk menjadi maskot Piala Dunia U-20.

"Bacuya ini binatang khas Indonesia. Karena kami PSSI jadinya Kita Jaya. Logonya juga sudah Indonesia banget," imbuh Iriawan.

Sebelumnya, FIFA juga telah memperkenalkan logo Piala Dunia U-20 bersamaan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI pada 17 Agustus 2022.

3 dari 5 halaman

Usul dari PSSI

Iriawan menerangkan bahwa PSSI yang mengajukan kepada FIFA untuk menjadikan badak bercula satu sebagai maskot Piala Dunia U-20 bernama Bacuya.

"Kami berterima kasih kepada FIFA karena mereka mengakomodasi kemauan kami untuk menunjukkan apa yang ada di Indonesia," imbuh Iriawan.

"Jadi, badak bercula satu itu cuma ada di Indonesia jadi sudah cukup jelas terkait maskotnya," papar Iriawan.

4 dari 5 halaman

Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Indonesia bakal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 20 Mei-11 Juni 2023.

PSSI telah mempersiapkan enam stadion sebagai penyelenggara Piala Dunia U-20.

Keenamnya adalah Stadion Jakabaring Palembang, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar.

5 dari 5 halaman

Unggahan FIFA

Video Populer

Foto Populer