Sukses


Gagal Tampil di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Penggawa PSM Bertekad Kembali Ikut Seleksi bersama Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Pemain muda PSM Makassar, Muhammad Dzaky Asraf Huwaidi Syam, sempat bersaing untuk mengincar satu tempat di Timnas Indonesia U-20. Ia berjuang keras demi mendapatkan tempat di skuad Garuda Nusantara.

Sebenarnya, pemain kelahiran Polewali Mandar (06/02/2003) itu sempat mendapat panggilan ke Timnas Indonesia U-20, untuk ambil bagian dalam babak penyisihan grup F Piala Asia U-20 2023 yang dimainkan di Surabaya.

Tetapi belakangan Muhammad Dzaky batal bergabung. Sebab, kuota pemain yang akan diboyong Shin Tae-yong sudah tercukupi. Sehingga, dia harus menunda kesempatan itu di masa mendatang.

Dzaky sendiri mengaku baik-baik saja. Saat ini dia hanya ingin fokus bersama PSM Makassar. Memberikan performa terbaik di setiap pertandingan, untuk membuka kembali pintu skuad Garuda Muda.

”Yang pasti kalau diberi kesempatan bermain, saya akan memaksimalkan kesempatan itu dan bekerja keras untuk tim,” ujarnya, Jumat (16/9/2022).

2 dari 5 halaman

Skuad Sudah Cukup

Sebelumnya, asisten pelatih timnas Indonesia, Nova Arianto membeberkan, Dzaky batal bergabung karena kebutuhan timnas sudah cukup. Sehingga,

”Kemungkinan tidak jadi bergabung mas. Dia tidak diganti, skuad sudah cukup, 23 pemain sekarang,” bebernya.

3 dari 5 halaman

Kepercayaan Bernardo Tavares

Sejak ditarik dari tim akademi ke skuad utama PSM Makassar musim ini, secara perlahan Dzaky sukses mencuri kepercayaan Bernardo Tavares. Dia kerap dimainkan sebagai starter.

Padahal awalnya winger 19 tahun itu hanya turun dari bangku cadangan. Tetapi dalam beberapa laga terakhir dia sukses menggeser posisi Rizky Eka Pratama di skuad inti Pasukan Ramang.

Bernardo Tavares pun membeberkan sejumlah alasan, mengapa Dzaky dipercaya turun sebagai starter. Padahal usianya masih tergolong muda dan pengalamannya di kompetisi profesional masih minim.

”Dzaky bermain bagus sepanjang laga. Dia kuat. Kalian bisa lihat dia waktu lawan Arema, dia bermain penuh 90 menit. Tetapi pemain saya yang lain juga bagus, mereka semua kompak dan kerja keras,” bebernya.

Musim ini, Dzaky sudah terlibat dalam 15 laga dari total 17 pertandingan yang dilakoni PSM. Masing-masing 9 laga di Liga 1, 4 laga di AFC Cup, dan 2 kali terlibat dalam ajang pramusim Piala Presiden.

4 dari 5 halaman

Performa Apik

Statistik Dzaky Asraf juga bagus. Dari 15 pertandingan yang dia lakoni bersama PSM, dia mencatatkan 609 menit. 399 menit di Liga 1, 128 menit di AFC Cup, dan 82 menit di Piala Presiden.

Artinya Dzaky memiliki rata-rata keterlibatan di dalam tim sebanyak 40,6 menit di setiap pertandingan.

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan Timnas Indonesia U-20

Matchday ke-3 Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

  • Timnas Indonesia U-20 Vs Vietnam
  • Minggu, 18 September 2022
  • Pukul: 20.00 WIB
  • Siaran Langsung: Indosiar
  • Live Streaming: Vidio
  • Link Live Streaming: https://www.vidio.com/live/9801-afc-u-20-asian-cup-qualification-2023

Video Populer

Foto Populer