Sukses


Hasil Lengkap Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023: Sempurna!

Bola.com, Surabaya - Timnas Indonesia U-20 memastikan diri melangkah ke Piala Asia U-20 2023 setelah menjadi juara Grup F di fase Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Tim asuhan Shin Tae-yong itu berhasil melangkah ke putaran final dengan catatan sempurna.

Timnas Indonesia U-20 menjadi tuan rumah Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 yang dihuni Vietnam, Timor Leste, dan Hong Kong. Fase kualifikasi yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo digelar mulai 14 hingga 18 September 2022.

Singkat cerita, Timnas Indonesia U-20 berhasil melewati tiga ujian di fase kualifikasi dengan sangat baik. Tim Garuda Nusantara memastikan diri bakal bertarung di Uzbekistan pada putaran final Piala Asia U-20 yang digelar pada 1 hingga 18 Maret 2023.

Tak hanya berhasil lolos ke putaran final, Timnas Indonesia U-20 juga melalui fase kualifikasi dengan meraih tiga kemenangan dari tiga laga yang harus mereka jalani.

Bahkan dalam fase kualifikasi ini, akhirnya Shin Tae-yong berhasil meraih kemenangan perdananya atas Vietnam sejak menangani Timnas Indonesia.

Seperti apa hasil pertandingan yang dilewati Timnas Indonesia U-20 sepanjang fase kualifikasi Piala Asia U-20 2023? Berikut ulasannya:

2 dari 5 halaman

4 Gol Tanpa Balas ke Gawang Timor Leste

Timnas Indonesia U-20 memulai kiprah di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 dengan menghadapi Timor Leste. Awal kiprah Tim Garuda Nusantara pun terbilang sempurna.

Hokky Caraka berhasil menjadi pahlawan kemenangan Timnas Indonesia U-20 lewat hattrick yang dicetaknya. Hokky mencetka dua gol pada babak pertama, tepatnya pada menit ke-12 dan 30', serta satu gol lagi empat menit setelah babak kedua dimulai.

Pada akhir pertandingan, tepatnya pada menit ke-89, Timnas Indonesia U-20 menambah lagi keunggulan mereka lewat gol Rabbani Tasnim yang melengkapi kemenangan Tim Garuda Nusantara menjadi 4-0.

3 dari 5 halaman

Kebobolan Saat Hadapi Hong Kong, tapi Tetap Menang Besar

Kemenangan atas Timor Leste memang hebat, tapi Timnas Indonesia U-20 hanya berada di posisi kedua karena Vietnam berhasil menang 5-1 atas Hong Kong pada laga pertama mereka.

Timnas Indonesia U-20 yang menghadapi Hong Kong pada laga kedua pun bertekad meraih kemenangan besar. Tekad tersebut pun mampu diwujudkan oleh tim asuhan Shin Tae-yong meski menurunkan pemain yang mayoritas berbeda dengan laga kontra Timor Leste.

Rabbani Tasnim yang menjadi pencetak gol terakhir dalam laga kontra Timor Leste, kini menjadi pembuka kemenangan besar Timnas Indonesia U-20 atas Hong Kong. Rabbani sudah mencetak gol saat laga baru berjalan 10 menit.

Timnas Indonesia U-20 pun memperbesar keunggulan menjadi 3-0 pada saat babak pertama berakhir. Dua gol tambahan Tim Garuda Nusantara tercipta oleh Alfriyanto Nico Saputro pada menit ke-15 dan Zanadin Fariz pada menit ke-43.

Pada babak kedua, Hong Kong sempat membalas gol lewat Chen Ngo Hin. Tepatnya pada menit ke-63, sesaat setelah kiper Timnas Indonesia U-20, Cahya Supriadi, dilarikan ke rumah sakit karena benturan di kepala, Chen Ngo Hin yang mengeksekusi penalti gagal melakukan tugasnya, tapi berhasil memaksimalkan bola rebound.

Dalam posisi unggul 3-1, Timnas Indonesia U-20 masih mengincar gol tambahan supaya bisa memiliki selisih gol yang lebih baik daripada Vietnam yang beberapa jam sebelumnya menang 4-0 atas Timor Leste.

Pada akhirnya Marselino Ferdinan yang masuk pada babak kedua berhasil mencetak dua gol pada menit ke-86 dan eksekusi penalti pada menit ke-90. Skor 5-1 pun menutup kemenangan Tim Garuda Nusantara pada laga kedua itu.

4 dari 5 halaman

Menang dalam Drama Kontra Vietnam

Kemenangan yang diraih Timnas Indonesia U-20 dalam dua pertandingan pertama memiliki skor identik dengan Vietnam. Tim berjulukan The Golden Star Warriors itu juga menang 5-1 atas Hong Kong dan 4-0 atas Timor Leste, skor yang juga didapatkan Tim Garuda Nusantara ketika berhadapan dengan kedua lawannya itu.

Praktis duel kontra Vietnam benar-benar menjadi ajang untuk membuktikan siapa yang terbaik, bukan hanya sekadar perebutan status sebagai juara Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Bermain imbang tanpa gol pada babak pertama, Timnas Indonesia U-20 akhirnya berhasil membuka keunggulan lewat gol Marselino Ferdinan pada menit ke-60.

Namun, Timnas Indonesia U-20 kemudian justru berbalik tertinggal. Vietnam berhasil mencetak dua gol, masing-masing lewat gol bunuh diri Ferrari pada menit ke-66 dan gol Dinh Xuan Tien pada menit ke-79.

Semangat Timnas Indonesia U-20 tidak padam meski tertinggal. Ferrari membayar lunas kesalahannya dengan mencetak gol pada menit ke-82 untuk menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Rabbani Tasnim pun menjadi penentu kemenangan Timnas Indonesia U-20 lewat gol yang dicetaknya pada menit ke-85 sekaligus memastikan tim asuhan Shin Tae-yong itu menjadi juara Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

5 dari 5 halaman

Hasil Timnas Indonesia U-20 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

14 September 2022

16 September 2022

  • Hong Kong 1-5 Timnas Indonesia U-20
  • (Chen Ngo Hin 63' | Rabbani Tasnim 10', Alfriyanto Nico Saputro 15', Zanadin Fariz 43', Marselino Ferdinan 86', 90'-pen)

18 September 2022

  • Timnas Indonesia U-20 3-2 Vietnam
  • (Marselino Ferdinan 60', Ferrari 82', Rabbani Tasnim 85' | Ferrari 66'-OG, Dinh Xuan Tien 79')
 

Video Populer

Foto Populer