Sukses


Bikin Comeback Dramatis Terhadap Vietnam, Shin Tae-yong Kagumi Semangat Juang Pemain Timnas Indonesia U-20

Bola.com, Surabaya - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, takjub dengan semangat juang para pemainnya saat menghadapi Vietnam pada laga pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Minggu (18/9/2022). Para pemain disebut punya respons baik hingga berhasil melakukan comeback dramatis dan meraih kemenangan 3-2.

Bertanding di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Timnas Indonesia U-20 mendapatkan perlawanan sengit dari Vietnam pada babak pertama. Kedua tim saling melakukan serangan, namun tak ada yang mencetak gol.

Memasuki paruh kedua laga, Shin Tae-yong langsung memasukkan Marselino Ferdinan untuk menggantikan Ronaldo Kwateh pada menit ke-46. Kehadiran Marselino kemudian mengubah permainan Timnas U-20 hingga berhasil mencetak gol pada menit ke-60.

Namun, keunggulan Timnas U-20 hanya bertahan selama enam menit. Vietnam mencetak gol penyeimbang melalui aksi bunuh diri Muhammad Ferarri. Vietnam bahkan membalikkan keadaan pada menit ke-79 melalui aksi Dinh Xuan Tien.

Beruntung, Timnas Indonesia U-20 berhasil bangkit dan membalikkan keadaan dengan mencetak dua gol. Muhammad Ferarri menebus dosanya dengan mencetak gol pada menit ke-82 dan Rabbani Tasnim mencetak gol penentu kemenangan 3-2 pada menit ke-85.

2 dari 5 halaman

Sempat Lengah

Pelatih Shin Tae-yong menegaskan Timnas Indonesia U-20 sempat lengah ketika unggul lebih dulu atas Vietnam. Namun, dengan semangat juang tinggi para pemainnya berhasil melakukan comeback dramatis dan meraih kemenangan.

"Begitu kita mencetak gol pertama, mungkin menganggap pertandingan akan lebih gampang dan benar-benar fokus. Namun, akhirnya kemasukan dua gol," ucap Shin Tae-yong.

"Kami balikkan lagi sampai skor akhirnya 3-2. Itu artinya Timnas Indonesia U-20 makin kuat karena situasi lagi tertinggial tapi bisa membalikkan keadaan. Saya sangat berterima kasih kepada para pemain dan sangat bangga," tegas Shin Tae-yong.

3 dari 5 halaman

Alasan Ganti Pemain Sekaligus

Pada pertandingan tadi, Shin Tae-yong juga melakukan tiga pemain sekaligus ketika skor sedang imbang 1-1. Shin Tae-yong memasukkan Alfriyanto Nico Saputro, Rabbani Tasnim, dan Rahmat Beri pada menit ke-77 secara bersama-sama.

Menurut Shin Tae-yong, pergantian banyak pemain itu dilakukan karena kondisi pemain sudah menurun. Shin Tae-yong menyebut, strategi tersebut pada kenyataannya berhasil memberikan kemenangan.

"Starter sangat bekerja keras sampai fisiknya menurun pada babak kedua. Sebagai seorang pelatih ada perasaan atau insting dalam laga, itu mungkin waktu yang pas dan akhirnya saya gantikan tiga pemain. Sehingga kita bisa mendapatkan kemenangan," tegas Shin Tae-yong.

4 dari 5 halaman

Puas dengan Kemenangan

Pelatih Shin Tae-yong memberikan pujian terhadap kerja keras pemain Timnas Indonesia U-20. Menurut Shin Tae-yong, kemenangan ini membuat timnya makin percaya diri menatap masa depan.

"Pertama-tama, Saya sangat bangga dengan para pemain karena sekarang sudah bisa mengalahkan Vietnam. Setelah dapat kemenangan kita jadi lebih percaya diri untuk ke depannya pastinya," ucap Shin Tae-yong.

Kegembiraan Shin Tae-yong tentu bukan tanpa alasan. Kemenangan ini menjadi yang pertama diraih Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia di segala kelompok umur.

5 dari 5 halaman

Daftar Tim yang Sudah Lolos ke Piala Asia U-20 2023

  1. Uzbekistan (Tuan rumah)
  2. Jepang
  3. Korea Selatan
  4. Timnas Indonesia U-20
  5. Iran
  6. Vietnam

Video Populer

Foto Populer