Sukses


Shin Tae-yong Ungkap Alasan Mainkan Marselino Ferdinan pada Babak Kedua saat Timnas Indonesia U-20 Jumpa Vietnam

Bola.com, Surabaya - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, punya alasan khusus tidak mainkan Marselino Ferdinan sejak awal saat menghadapi Vietnam, Minggu (18/9/2022). Menurut Shin Tae-yong, keputusan itu diambil tak sekadar karena alasan strategi.

Pada laga yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, itu Marselino Ferdinan dimasukkan pada menit ke-46. Ketika itu Marselino masuk menggantikan Ronaldo Kwateh untuk menambah daya gedor Timnas Indonesia U-20.

Maklum, pada babak pertama Timnas U-20 terlihat kesulitan membongkar pertahanan Vietnam. Kehadiran Marselino langsung memberikan dampak signifikan setelah mencetak gol pada menit ke-60.

Timnas Indonesia U-20 akhirnya merah kemenangan 3-2 atas Vietnam. Dua gol lainnya Timnas U-20 dicetak Muhammad Ferarri (82') dan Rabbani Tasnim (85'). Adapun gol Vietnam berasal dari aksi bunuh diri Ferarri (66') dan gol dari Dinh Xuan Tien.

2 dari 5 halaman

Pertimbangan Kondisi

Pelatih Shin Tae-yong mengaku, kondisi fisik Marselino Ferdinan menjadi pertimbangan dirinya tak banyak memberikan kesempatan bermain. Situasi itu cukup masuk akal mengingat Marselino baru cedera dan terlambat bergabung bersama Timnas Indonesia U-20 karena kesibukannya membela Persebaya Surabaya di BRI Liga 1 2022/2023.

"Sebelum bergabung ke Timnas, Marselino belum pulih total karena bermain terus di liga. Itulah alasannya mengapa dimainkan hanya 45 menit saja," kata Shin Tae-yong.

"Kemarin sudah dikasih tahu kepada Marselino untuk tidak dimainkan pada babak pertama. Namun, saya minta tolong kepada Marselino untuk mempersiapkan diri dengan baik pada babak kedua," tegas pelatih asal Korea Selatan itu.

3 dari 5 halaman

Takjub dengan Comeback

Pelatih Shin Tae-yong juga takjub dengan semangat juang para Timnas Indonesia U-20 saat menghadapi Vietnam. Para pemain disebut punya respons baik hingga berhasil melakukan comeback dramatis dan meraih kemenangan 3-2.

Begitu kita mencetak gol pertama, mungkin menganggap pertandingan akan lebih gampang dan benar-benar fokus. Namun, akhirnya kemasukan dua gol," ucap Shin Tae-yong.

"Kami balikkan lagi sampai skor akhirnya 3-2. Itu artinya Timnas Indonesia U-20 makin kuat karena situasi lagi tertinggial tapi bisa membalikkan keadaan. Saya sangat berterima kasih kepada para pemain dan sangat bangga," tegas Shin Tae-yong.

4 dari 5 halaman

Puas dengan Kemenangan

Pelatih Shin Tae-yong tak lupa memberikan pujian terhadap kerja keras pemain Timnas Indonesia U-20. Menurut Shin Tae-yong, kemenangan ini membuat timnya makin percaya diri menatap masa depan.

" Saya sangat bangga dengan para pemain karena sekarang sudah bisa mengalahkan Vietnam. Setelah dapat kemenangan kita jadi lebih percaya diri untuk ke depannya pastinya," ucap Shin Tae-yong.

Kegembiraan Shin Tae-yong tentu bukan tanpa alasan. Kemenangan atas Vietnam ini menjadi yang pertama diraih Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia di segala kelompok umur.

5 dari 5 halaman

Daftar Tim yang Sudah Lolos ke Piala Asia U-20 2023

  1. Uzbekistan (Tuan rumah)
  2. Arab Saudi
  3. Qatar
  4. Jepang
  5. Yordania
  6. Korea Selatan
  7. Timnas Indonesia U-20
  8. Oman
  9. Tajikistan
  10. Iran
  11. Vietnam
  12. Kirgistan
  13. China
  14. Suriah

Video Populer

Foto Populer