Sukses


Sering Kecolongan Serangan Balik Lawan, Shin Tae-yong Akui Pemain Timnas Indonesia U-20 Terlalu Asyik Menyerang

Bola.com, Surabaya - Timnas Indonesia U-20 berhasil meraih tiket Piala Asia U-20 2023. Meski begitu, pelatih Shin Tae-yong tak ingin cepat puas dengan penampilan anak asuhnya.

Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023 setelah menjadi juara Grup F. Pasukan Shin Tae-yong kukuh di puncak dengan poin sempurna yakni sembilan dari tiga laga setelah mengalahkan Vietnam 3-2.

Timnas U-20 tampil tajam sepanjang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 dengan mencetak 12 gol, namun kebobolan tiga gol. Satu masalah yang harus dievaluasi Shin Tae-yong adalah rapuhnya pertahanan Timnas Indonesia U-20 ketika kena serangan balik cepat dari lawan.

"Pastinya itu akan jadi pekerjaan rumah dan hal yang harus diperbaiki," kata Shin Tae-yong.

2 dari 5 halaman

Lupa Bertahan

Pelatih Shin Tae-yong juga mengakui pemain Timnas Indonesia U-20 sering lupa bertahan karena terlalu asyik membantu serangan. Menurut Shin Tae-yong, pemain seharusnya langsung kembali ke posisi masing-masing ketika bola sudah direbut lawan.

"Para pemain seharusnya sudah mengenal lawan dan bolanya akan lebih banyak di area pertahanan. Namun, ketika seharusnya mereka kembali dan melakukan pertahanan malah naik ke lini depan. Itu yang harus diperbaiki dan dievaluasi ke depannya," tegas Shin Tae-yong.

Timnas U-20 masih punya banyak waktu berbenah untuk tampil di Piala Asia U-20 2023. Turnamen tersebut akan digelar di Uzbekistan pada Maret 2023.

3 dari 5 halaman

Takjub dengan Comeback

Pelatih Shin Tae-yong juga takjub dengan semangat juang para Timnas Indonesia U-20 saat menghadapi Vietnam. Para pemain disebut punya respons baik hingga berhasil melakukan comeback dramatis dan meraih kemenangan 3-2.

Begitu kita mencetak gol pertama, mungkin menganggap pertandingan akan lebih gampang dan benar-benar fokus. Namun, akhirnya kemasukan dua gol," ucap Shin Tae-yong.

"Kami balikkan lagi sampai skor akhirnya 3-2. Itu artinya Timnas Indonesia U-20 makin kuat karena situasi lagi tertinggial tapi bisa membalikkan keadaan. Saya sangat berterima kasih kepada para pemain dan sangat bangga," tegas Shin Tae-yong.

4 dari 5 halaman

Puas dengan Kemenangan

Pelatih Shin Tae-yong tak lupa memberikan pujian terhadap kerja keras pemain Timnas Indonesia U-20. Menurut Shin Tae-yong, kemenangan ini membuat timnya makin percaya diri menatap masa depan.

" Saya sangat bangga dengan para pemain karena sekarang sudah bisa mengalahkan Vietnam. Setelah dapat kemenangan kita jadi lebih percaya diri untuk ke depannya pastinya," ucap Shin Tae-yong.

Kegembiraan Shin Tae-yong tentu bukan tanpa alasan. Kemenangan atas Vietnam ini menjadi yang pertama diraih Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia di segala kelompok umur.

5 dari 5 halaman

Daftar Tim yang Sudah Lolos ke Piala Asia U-20 2023

  1. Uzbekistan
  2. Arab Saudi
  3. Qatar
  4. Jepang
  5. Yordania
  6. Korea Selatan
  7. Timnas Indonesia U-20
  8. Oman
  9. Tajikistan
  10. Iran
  11. Vietnam
  12. Kirgistan
  13. China
  14. Suriah

Video Populer

Foto Populer