Sukses


Marselino Ferdinan Kehilangan Posisi Starter tapi Jadi Supersub di Timnas Indonesia U-20, Begini Penjelasan Shin Tae-yong

Bola.com, Surabaya - Marselino Ferdinan kehilangan posisi starter di Timnas Indonesia U-20 dalam dua pertandingan terakhir Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong mengubah peran Marselino Ferdinan dari pemain utama menjadi supersub.

Marselino Ferdinan memulai Kualifikasi Piala Asia U-20 sebagai pemain inti ketika Timnas Indonesia U-20 menghajar Timor Leste 4-0 pada 14 September 2022.

Pemain asal Persebaya Surabaya itu bermain selaam 63 menit sebelum digantikan oleh Zanadin Fariz tanpa mencetak gol untuk Timnas Indonesia U-20.

2 dari 5 halaman

Turun ke Bangku Cadangan

Seiring dengan kebijakan rotasi Shin Tae-yong tatkala Timnas Indonesia U-20 menggulung Hong Kong 5-1 pada 16 September 2022, Marselino Ferdinan turun ke bangku cadangan.

Marselino Ferdinan baru masuk pada menit ke-80. Namun, kontribusinya sangat besar. Dia berhasil membuat dua gol untuk Timnas Indonesia U-20 pada menit ke-86 dan ke-90.

Dalam partai penentuan kontra Vietnam pada Minggu (18/9/2022), Shin Tae-yong secara mengejutkan kembali mencadangkan Marselino Ferdinan.

3 dari 5 halaman

Pembuktian Marselino Ferdinan

Namun, keputusan Shin Tae-yong hanya bertahan 45 menit. Melihat Ronaldo kwateh minim sumbangsih, ia memasukkan Marselino Ferdinan setelah jeda babak pertama.

Marselino Ferdinan membuktikan bahwa ia layak menjadi pemain utama. Keberadaannya membuat lini tengah Timnas Indonesia U-20 lebih hidup dan kreatif.

Gelandang kelahiran Jakarta itu berhasil memecah kebuntuan Timnas Indonesia U-20 pada menit ke-60. Sepakan kerasnya dari luar kotak penalti mengalir masuk ke gawang Vietnam.

4 dari 5 halaman

Pemain Tersubur

Bersama Hokky Caraka dan Rabbani Tasnim, Marselino Ferdinan menjadi pemain tersubur Timnas Indonesia U-20 di Kualifikasi Piala Asia U-20.

Shin Tae-yong mengungkapkan penyebab Marselino Ferdinan kehilangan posisinya sebagai starter dan menjadi supersub di Timnas Indonesia U-20.

"Sebelum bergabung dengan Timnas Indonesia U-20, dia belum pulih total dan sebelumnya selalu bermain di kompetisi. Karena itu, saya memainkan dia pada 45 menit kedua dalam pertandingan ini," tutur Shin Tae-yong dinukil dari laman PSSI.

5 dari 5 halaman

Lolos ke Piala Asia U-20

Timnas Indonesia U-20 berhasil lolos ke Piala Asia U-20 2023. Tim berjulukan Garuda Nusantara itu sempurna di babak penyisihan.

Sebelum membekuk Vietnam 3-2, Marselino Ferdinan dkk. membantai Timor Leste 4-0 dan Hong Kong 5-1.

Sebanyak 15 tim yang berasal dari sepuluh juara Grup A-J dan lima runner-up terbaik berhak lolos ke putaran final pada tahun depan di Uzbekistan.

Video Populer

Foto Populer