Sukses


Marselino Ferdinan Beri Pesan Bijak Usai Timnas Indonesia U-20 Lolos ke Piala Asia U-20 2023

Bola.com, Surabaya - Gelandang Timnas Indonesia U-20, Marselino Ferdinan, menyambut gembira kemenangan 3-2 atas Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Namun, Marselino berharap tak ada euforia berlebihan dari keberhasilan tersebut.

Kemenangan atas Vietnam membuat Timnas Indonesia U-20 menyegel satu tiket Piala Asia U-20 2023. Pasukan Shin Tae-yong lolos ke Uzbekistan dengan poin sempurna yakni sembilan hasil tiga kemenangan.

Meskipun bahagia dengan keberhasilan Timnas Indonesia U-20 namun Marselino meminta timnya untuk segera fokus. Pertarungan di Piala Asia U-20 nanti diprediksinya bakal semakin berat.

"Bagi saya, jangan terlalu berlarut-larut. Tetap fokus karena jalan masih panjang," kata Marselino Ferdinan.

2 dari 5 halaman

Jadi Motivasi

Marselino Ferdinan mencetak tiga gol untuk Timnas Indonesia U-20 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Menurut Marselino, ada motivasi di balik kegagalan pada Piala AFF U-19 lalu yang membuat timnya tampil menggila saat melawan Vietnam.

"Mungkin untuk mencetak gol, semua sudah tahu kerja keras tim dan semuanya," ucap Marselino.

"Kalau motivasi sendiri mengingat kejadian di Piala AFF lalu menjadi motivasi tersendiri buat tim kami," tegas Marselino.

3 dari 5 halaman

Alasan Khusus

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, punya alasan khusus tidak mainkan Marselino Ferdinan sejak awal saat menghadapi Vietnam, Minggu (18/9/2022). Menurut Shin Tae-yong, keputusan itu diambil tak sekadar karena alasan strategi.

"Sebelum bergabung ke Timnas, Marselino belum pulih total karena bermain terus di liga. Itulah alasannya mengapa dimainkan hanya 45 menit saja," kata Shin Tae-yong.

"Kemarin sudah dikasih tahu kepada Marselino untuk tidak dimainkan pada babak pertama. Namun, saya minta tolong kepada Marselino untuk mempersiapkan diri dengan baik pada babak kedua," tegas pelatih asal Korea Selatan itu.

4 dari 5 halaman

Takjub dengan Comeback

Pelatih Shin Tae-yong juga takjub dengan semangat juang para Timnas Indonesia U-20 saat menghadapi Vietnam. Para pemain disebut punya respons baik hingga berhasil melakukan comeback dramatis dan meraih kemenangan 3-2.

"Begitu kita mencetak gol pertama, mungkin menganggap pertandingan akan lebih gampang dan benar-benar fokus. Namun, akhirnya kemasukan dua gol," ucap Shin Tae-yong.

"Kami balikkan lagi sampai skor akhirnya 3-2. Itu artinya Timnas Indonesia U-20 makin kuat karena situasi lagi tertinggial tapi bisa membalikkan keadaan. Saya sangat berterima kasih kepada para pemain dan sangat bangga," tegas Shin Tae-yong.

5 dari 5 halaman

Daftar Tim yang Sudah Lolos ke Piala Asia U-20 2023

  1. Uzbekistan (Tuan rumah)
  2. Arab Saudi
  3. Qatar
  4. Jepang
  5. Yordania
  6. Korea Selatan
  7. Timnas Indonesia U-20
  8. Oman
  9. Tajikistan
  10. Iran
  11. Vietnam
  12. Kirgistan
  13. China
  14. Suriah

Video Populer

Foto Populer