Sukses


BRI Liga 1: Diusir Wasit saat Kontra Persis, Andhika Wijaya Dapat Dukungan dari Teco

Bola.com, Denpasar - Saat Bali United menghadapi Persis Persis Solo di pekan kesepuluh BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Manahan Solo, Kamis (15/9/2022), bisa menjadi salah satu momen yang tidak akan bisa dilupakan oleh seorang I Made Andhika Wijaya.

Betapa tidak? Bek sayap Bali United itu harus keluar pada menit ke-38 setelah mendapatkan kartu kuning kedua. Dia diusir wasir setelah melancarkan tekel yang dianggap tidak perlu kepada gelandang Persis Ryo Matsumura.

Alhasil, dia harus mandi lebih cepat saat itu. Setelah mendapatkan kartu merah dan Bali United bermain dengan 10 pemain, kritikan pun menghujani pemain asal Desa Tumbu, Karangasem ini langsung mendapat kritikan pedas dari suporter.

Kala itu, Andhika juga sempat meminta maaf di akun media sosial pribadinya setelah kartu merah yang dia terima. Situasi semakin pelik untuknya. Sebab pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco memang mulai melakukan rotasi di sektor bek tengah.

2 dari 5 halaman

Tetap Fokus

Beberapa kali Andhika Wijaya terpinggirkan dan Teco lebih memilih Novri Setiawan sebagai bek kanan. Novri yang sempat menggantikan posisi Andhika, hampir selalu bermain tenang dan tanpa cela. Jelas apa yang didapatkan Andhika sekarang, membuat posisinya bisa semakin sulit.

Namun Teco juga tidak menyalahkan Andhika setelah mendapatkan kartu merah. Sebaliknya, dia meminta anak dari Pelatih Bali United U-20 I Made Pasek Wijaya tersebut untuk bekerja keras di tengah kritikan pedas suporter. Apalagi suporter sebelumnya sedang memprotes minimnya pemain lokal di skuad Serdadu Tridatu.

3 dari 5 halaman

Pembelaan Teco

Disaat Andhika menjadi pemain lokal yang dimainkan, justru dia membuat kesalahan. Terkait kritik yang menerpa Andhika, Teco bersikap tenang. Menurutnya, dalam sepak bola sebuah tim atau pemain berpotensi jadi sasaran kritik ketika mengalami kekalahan.

"Banyak suporter suka sama Andhika. Dia pemain yang biasanya menjadi inti dan sudah punya prestasi bagus bersama tim. Ketika tim kalah, ada yang kritik," ujarnya pada Selasa (20/9/2022).

"Ini situasi yang biasa dalam sepak bola. Andhika harus kerja keras lagi di latihan," tambah pelatih yang sudah mengantongi lisensi kepelatihan CBF A Pro tersebut.

4 dari 5 halaman

Punya Peluang Sama

Terkait peluang, Teco menganggap Andhika memiliki peluang yang sama dengan pemain lainnya untuk tampil membela Serdadu Tridatu. Termasuk Ardi Idrus yang bisa diposisikan sebagai bek kanan. Yang jelas di pekan ke-11 jebolan Bali United U-21 tersebut absen menghadapi Persikabo 1973.

Dia tidak sendirian. Masih ada Irfan Jaya yang absen karena cedera. Termasuk Brwa Hekmat Nouri yang terkena akumulasi setelah mengoleksi empat kartu kuning.

 Jangan lupakan juga Yabes Roni Malaifani yang mendapatkan cedera saat menghadapi Persis Solo pekan lalu. Sejauh ini, Yabes masih terlihat menjalani terapi.

"Andhika pasti tidak bisa main melawan Persikabo. Setelah itu, di latihan nanti akan kita lihat. Ada beberapa pilihan pemain yang bisa bantu tim di posisi ini," beber mantan arsitek Persija Jakarta ini.

Mungkin saja Novri kembali dimainkan. Atau Teco memainkan Ardi Idrus dan bisa juga memainkan I Gede Agus Mahendra di sektor bek kanan.

5 dari 5 halaman

Intip Persaingan Bali United Musim Ini

Video Populer

Foto Populer