Sukses


5 Fakta Muhammad Ferrari, Bintang Timnas Indonesia U-20 yang Kini Naik Kelas

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menjalani FIFA Matchday melawan Curacao. Rencananya, Tim Garuda bakal dua kali meladeni wakil zona Amerika Utara tersebut.

Pertandingan pertama akan berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, 24 September 2022. Tiga hari berselang, Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor yang mendapatkan giliran menjadi venue Timnas Indonesia kontra Curacao.

Untuk menghadapi laga itu, Shin Tae-yong memanggil 23 pemain. Enam di antaranya merupakan bintang Timnas Indonesia yang bermain di luar negeri.

Juru taktik asal Korea Selatan itu juga memanggil Muhammad Ferrari. Dia merupakan pemain Timnas Indonesia U-20 yang tampil mengesankan di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Muhammad Ferrari ikut mengantarkan Timnas Indonesia U-20 mengalahkan Vietnam pada laga pamungkas Grup F. Dia mencetak gol penyeimbang pada duel krusial tersebut.

Untuk mengetahui lebih jauh sosok Muhammad Ferrari, berikut ini lima fakta bek Timnas Indonesia tersebut.

 

2 dari 6 halaman

Jebolan Persikabo 1973

Muhammad Ferrari merupakan pemain kelahiran Jakarta, 21 Juni 2003. Kini, pemain yang berposisi sebagai bek tersebut sudah berusia 19 tahun 3 bulan.

Namun, meski lahir di Jakarta, Muhammad Ferrari justru memulai karier juniornya bersama Persikabo 1973. Dia menjadi bagian Persikabo U-18 sejak 2018 hingga 2019.

Muhammad Ferrari baru bergabung dengan tim junior Persija Jakarta pada 24 Desember 2019. Dia lebih dulu memperkuat Persija U-19.

 

3 dari 6 halaman

Cepat 'Naik Kelas'

Peningkatan karier Muhammad Ferrari di Persija Jakarta tergolong cepat. Dia langsung dipromosikan ke tim senior setahun setelah bergabung dengan Persija U-19.

Muhammad Ferrari menjalani debut bersama tim senior Persija pada laga melawan Persela di pekan keempat BRI Liga 1 2021/2023. Tepatnya pada 24 September 2021.

Pelatih yang memberi kesempatan kepada Muhammad Ferrari adalah Angelo Alessio. Selama semusim, dia mendapat kesempatan bermain selama 7 kali.

 

4 dari 6 halaman

Tampil Reguler

Setelah dipromosikan ke tim senior pada tahun 2021, Muhammad Ferrari langsung menjadi andalan Persija pada BRI Liga 1 2022/2023. Dari 10 pekan, dia tampil 8 kali.

Dalam 5 laga terakhirnya bersama Persija musim ini, Muhammad Ferrari juga selalu tampil 90 menit. Total, dia mencatatkan 645 menit dari 8 penampilannya.

Dia absen dalam 2 pertandingan karena dipanggil Timnas Indonesia U-20. Kala itu, Persija menghadapi Barito Putera dan Madura United.

 

5 dari 6 halaman

Andalan Shin Tae-yong

Muhammad Ferrari telah menjadi andalan Shin Tae-yong sejak ajang Piala AFF U-19 2022. Dia hanya absen satu kali pada fase grup.

Namun, sebelum itu, Muhammad Ferrari telah tampil pada ajang Toulon Tournament 2022. Namun, dia hanya bermain melawan Venezuela dan Ghana.

Performa apik bersama Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF menbuat dirinya terus menjadi andalan Shin Tae-yong. Dia memberi kontribusu untuk tim di babak kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

 

6 dari 6 halaman

Pernah Jadi Pelari

Sebelum terjun ke dunia sepak bola, Muhammad Ferrari merupakan seorang pelari. Dia menekuni bidang tersebut sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD).

Bahkan, Muhammad Ferrari pernah meraih sejumlah prestasi di bidang atletik tersebut. Dia menjuarai lomba lari sebanyak 3 kali di bangku SD.

Sementara saat duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA), Muhammad Ferrari pernah meraih juara 2 lomba lari tingkat Provinsi DKI Jakarta.

Disadur dari: Bola.net (Mustopa El Abdy/Asad Arifin/Published: 21/09/2022)

Video Populer

Foto Populer