Sukses


Belum Rela Dikalahkan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Pundit Vietnam Sebut Shin Tae-yong Lebay

Bola.com, Hanoi - Masyarakat Vietnam sepertinya sukar menerima kekalahan skuad U-20 dari Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Pengamat asal Vietnam, Vu Manh Hai, mengkritik pernyataandari pelatih Shin Tae-yong yang dianggapnya berlebihan.

Timnas Indonesia U-20 meraih tiket ke Piala Asia U-20 2023 setelah mengalahkan Vietnam dengan skor 3-2 pada laga pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 (18/9/2022). Skuad yang dijuluki Garuda Nusantara itu menjadi juara Grup F dengan poin sempurna yakni sembilan.

Setelah laga, pelatih Shin Tae-yong meluapkan kebahagiaannya dengan melakukan selebrasi dengan para pemain. Mereka berkeliling stadion sembari menyapa para suporter.

Kebahagiaan terasa wajar mengingat ini menjadi kemenangan perdana Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia melawan Vietnam. Sebelumnya, Vietnam selalu menjadi momok buat pelatih asal Korea Selatan itu.

2 dari 5 halaman

Terlalu Berlebihan

Vu Manh Hai menyadari kebahagiaan yang dialami pelatih Shin Tae-yong setelah meloloskan Timnas Indonesia U-20. Namun, sepatutnya Shin Tae-yong tidak berlebihan dalam merayakan keberhasilan tersebut.

"Shin mengalahkan Vietnam U-20, itu saja. Senang untuknya dan kebahagiaan untuk sepak bola Indonesia. Mereka menang, tampil gemilang, dan memuncaki Grup F pada Kualifikasi Piala Asia U-20 2023," ucap Vu Manh Hai seperti dikutip Soha.

"Akan tetapi, cara bicara Tuan Shin agak berlebihan. Kurang rendah hati. Jika dia cepat puas diri, maka akan sulit untuk naik ke level selanjutnya," ujar Vu Manh Hai.

3 dari 5 halaman

Jangan Cepat Puas

Vu Manh Hai menyarankan agar Shin Tae-yong segera melakukan evaluasi terhadap Timnas Indonesia U-20. Perayaan yang berlebihan dianggap bisa menjadi bumerang di Piala Asia U-20 2023.

"Bersenang-senang itu menyenangkan. Akan tetapi, jangan terlalu senang," ucap Vu Manh Hai.

"Anda perlu mengevaluasi semuanya dengan benar," tegas Vu Manh Hai.

4 dari 5 halaman

Tak Ada yang Keliru

Tak diketahui komentar Shin Tae-yong yang mana dianggap berlebihan oleh Vu Manh Hai. Usai pertandingan melawan Vietnam, Shin Tae-yong sebenarnya hanya memuji kerja keras dan semangat juang dari pemain Timnas Indonesia U-20 yang sukses mengalahkan Vietnam.

"Pertama-tama, Saya sangat bangga dengan para pemain karena sekarang sudah bisa mengalahkan Vietnam. Setelah dapat kemenangan kita jadi lebih percaya diri untuk ke depannya pastinya," kata Shin Tae-yong usai pertandingan ketika itu.

"Begitu kita mencetak gol pertama, mungkin menganggap pertandingan akan lebih gampang dan benar-benar fokus. Namun, akhirnya kemasukan dua gol. Kami balikkan lagi sampai skor akhirnya 3-2. Itu artinya Timnas Indonesia U-20 makin kuat karena situasi lagi tertinggial tapi bisa membalikkan keadaan. Saya sangat berterima kasih kepada para pemain dan sangat bangga," ujar Shin Tae-yong.

5 dari 5 halaman

Daftar Tim yang Sudah Lolos ke Piala Asia U-20 2023

  1. Uzbekistan (tuan rumah)
  2. Arab Saudi
  3. Qatar
  4. Jepang
  5. Yordania
  6. Korea Selatan
  7. Timnas Indonesia U-20
  8. Oman
  9. Tajikistan
  10. Iran
  11. Vietnam
  12. Kirgistan
  13. China
  14. Suriah

Video Populer

Foto Populer