Sukses


Berapa Lama Perpanjangan Kontrak Shin Tae-yong di Timnas Indonesia? Begini Jawaban Iwan Bule

Bola.com, Jakarta - PSSI berencana memperpanjang kontrak Shin Tae-yong sebagai manajer pelatih Timnas Indonesia. Berapa lama durasi penambahan masa bakti arsitek asal Korea Selatan itu?

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan puas dengan kinerja Shin Tae-yong selama menangani Timnas Indonesia level senior, U-23, dan U-20 dalam tiga tahun terakhir.

Iriawan juga mengakomodasi tuntutan netizen yang meminta masa bakti pria berusia 53 tahun itu untuk ditambah meski baru akan berakhir pada pengujung tahun depan.

Namun, Iriawan masih belum dapat memastikan berapa lama durasi perpanjangan kontrak Shin Tae-yong di Timnas Indonesia mengingat harus dengan persetujuan sang pelatih.

2 dari 5 halaman

Sudah Koordinasi dengan Exco PSSI

Iriawan mengungkapkan telah berkomunikasi dengan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI untuk mempertahankan Shin Tae-yong lebih lama di Timnas Indonesia.

"Atas dasar itu, tentu selain melihat performa Timnas Indonesia, PSSI akan memperpanjang kontrak Shin Tae-yong," imbuh Iriawan dinukil dari laman PSSI.

"Untuk berapa tahun kontrak yang diperpanjang, kami akan mendiskusikan lebih lanjut," jelas pria yang karib dipanggil Iwan Bule itu.

3 dari 5 halaman

Kontrak Awal 4 Tahun

Shin Tae-yong menandatangani kontrak empat tahun untuk membesut Timnas Indonesia dan sempat mengalami pasang surut hubungan dengan PSSI.

"Saya sebagai Ketua PSSI tentu sudah berkoordinasi dengan Exco akan memperpanjang kontrak Shin Tae-yong," tutur Iriawan.

"Kami juga melihat di mana-mana, desakan dari netizen agar Shin Tae-yong diperpanjang juga menguat," terang Iriawan.

4 dari 5 halaman

Pencapaian Shin Tae-yong

Selama menjadi nakhoda Timnas Indonesia, Shin Tae-yong telah membawa perubahan dan pencapaian yang cukup berarti.

Arsitek asal Korea Selatan itu berhasil mengantar Timnas Indonesia ke Piala Asia U-23, timnas U-20 ke Piala Asia U-20 2023, dan mengalahkan Curacao 3-2.

Curacao adalah negara dengan peringkat FIFA ke-84 per 25 Agustus 2022, jauh ketimbang Timnas Indonesia yang berada di posisi ke-155.

5 dari 5 halaman

Berbagai Agenda Shin Tae-yong

Sebelum kontrak pertamanya habis pada tahun depan, Shin Tae-yong masih akan menangani Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 hingga timnas U-20 di Piala Asia 2023.

Selain itu, Shin Tae-yong juga memoles timnas U-23 di SEA Games 2023, timnas U-20 di Piala Dunia U-20 2023, dan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Video Populer

Foto Populer