Sukses


Perwakilan FIFA Datang ke Indonesia dan Temui Ketua PSSI, Begini Hasilnya

Bola.com, Jakarta - Perwakilan FIFA, Niko Nhouvannasak datang ke Indonesia dan berkunjung ke Kantor PSSI di GBK Arena, Jakarta Pusat pada Senin (10/10/2022).

Posisi Niko Nhouvannasak di FIFA adalah FIFA Development Project Coordinator.

Niko Nhouvannasak bertemu dengan Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, Wakil Ketua PSSI, Iwan Budianto, Sekjen PSSI, Yunus Nusi, dan Wakil Sekjen PSSI, Maaike Ira Puspita.

"Kami menyambut baik dan mengapresiasi kedatangan FIFA ke Kantor PSSI," ujar Iriawan dinukil dari laman PSSI.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Akibat Tragedi Kanjuruhan

Kedatangan FIFA ke Indonesia buntut dari tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 yang merenggut sedikitnya 131 korban tewas dan 300-an luka-luka.

Iriawan mengungkapkan isi pertemuan dan pembahasan dengan Niko Nhouvannasak, termasuk merumuskan langkah dan solusi terbaik untuk sepak bola Indonesia.

"Langkah-langkah nyata dan solusi terbaik ke depan menjadi topik pembahasan pada rapat dengan FIFA kali ini," tutur Iriawan.

3 dari 5 halaman

Rangkaian Pendampingan FIFA

Sebelumnya, Iriawan telah memastikan bahwa FIFA akan mengunjungi Indonesia untuk memberikan pendampingan pasca-tragedi Kanjuruhan.

"Rapat ini merupakan rapat awal yang akan diikuti serangkaian kegiatan pendampingan oleh FIFA untuk meningkatkan perkembangan sepak bola Indonesia," imbuhnya.

4 dari 5 halaman

Rencana Jokowi

Sementara itu, Presiden Jokowi berencana untuk membentuk tim transformasi sepak bola Indonesia dengan FIFA dalam waktu dekat imbas tragedi Kanjuruhan.

Jokowi juga menjamin FIFA tidak akan menjatuhkan sanksi untuk PSSI, meski kuat dugaan mendapatkan intervensi dari pemerintah.

"Kami dengan FIFA akan membentuk tim transformasi sepak bola Indonesia dan FIFA akan berkantor di Indonesia selama proses tersebut," jelas Jokowi dalam YouTube Sekretariat Presiden pada 7 Oktober 2022.

5 dari 5 halaman

Kompetisi Disetop

Akibat tragedi Kanjuruhan, Presiden Jokowi meminta Liga 1, Liga 2, dan Liga 2 untuk dihentikan sementara waktu hingga berbagai pihak melakukan evaluasi menyeluruh.

Jokowi mengungkapkan bahwa Presiden FIFA, Gianni Infantino juga bakal mengunjungi Indonesia pada bulan ini atau bulan depan untuk berdiskusi dengan pemerintah.

"Akan dilakukan langkah-langkah kolaborasi antara pemerintah, FIFA, dan AFC," ujar Presiden berusia 61 tahun tersebut.

Video Populer

Foto Populer