Sukses


Ikut TC Timnas Indonesia U-20 di Eropa, Pemain Muda PSM Dapat Kesempatan Kedua dari Shin Tae-yong

Bola.com, Jakarta - Sebanyak 34 pemain Timnas Indonesia U-20 disiapkan pelatih Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) di Eropa yakni Turki dan Spanyol.

Dari 34 pemain di Timnas Indonesia U-20, dua diantaranya adalah pemain PSM Makassar, Muhammad Dzaky Asraf dan Ricky Pratama. Bagi Dzaky, ini adalah kali kedua dirinya dipanggil Shin Tae-yong.

Kesempatan pertama, saat Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Saat itu, Dzaky urung bergabung karena tak dilepas PSM Makassar.

Meski tak ikut berperan meloloskan Timnas U-20 ke putaran final Piala AFC U-20 di Uzbekistan nanti, namun Shin Tae-yong tak mengabaikan Dzaky.

2 dari 5 halaman

Pemanggilan Resmi

Begitu juga dengan Ricky. Ia malah balik TC timnas Garuda Muda. Namun akhirnya harus dicoret jelang Kualifikasi Piala AFC U-20 2023 lalu.

“Iya benar ada pemanggilan TC untuk Dzaky dan Ricky. Suratnya sudah kami sampaikan ke tim pelatih,” terang Media Officer Klub PSM, Sulaiman Karim kepada Bola.com, Rabu (12/10/2022).

3 dari 5 halaman

Kewenangan Pelatih

PSM sendiri masih menggelar latihan, sejak Liga 1 2022/2023 disetop usai tragedi Kanjuruhan. Dzaky dan Ricky juga terpantau masih bersama skuad Pasukan Ramang, mengikuti latihan rutin tim.

“Dilepas atau tidak kedunya ke TC Timnas U-20, itu menjadi keputusan tim pelatih,” lanjut Sulaiman.

4 dari 5 halaman

Tunggu Visa

Skuad Garuda Nusantara muda akan menjalani latihan terlebih dahulu di Jakarta. Keberangkatan mereka masih menunggu visa. Para pemain akan melakoni sejumlah laga uji coba di Turki dan Spanyol.

"Setelah lolos ke Piala AFC U-20 2023, tim U-20 Indonesia kami programkan untuk menjalani pemusatan latihan di Turki dan Spanyol. Pemain harus bekerja keras, disiplin, fokus dan meningkatkan kemampuannya," kata Shin Tae-yong, seperti di situs resmi PSSI, belum lama ini.

5 dari 5 halaman

Proyeksi Piala Dunia U-20

Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri menambahkan, sejumlah negara Eropa akan menjadi lawan uji coba tim U-20 Indonesia saat pemusatan latihan di Turki dan Spanyol. PSSI berharap Tim U-20 Indonesia dapat meningkatkan kemampuan selama pemusatan latihan di Eropa.

Selain di Piala Asia U-20 2023, Dzaky dan kawan-kawan diproyeksikan sebagai cikal bakal skuad Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

“Sebelum berangkat ke Eropa, tim akan TC dulu di Jakarta,” jelas Indra Sjafri.

Video Populer

Foto Populer