Sukses


Qatar Resmi Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023, AFC Ucapkan Terima Kasih kepada PSSI

Bola.com, Kuala Lumpur - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada PSSI yang sudah ikut dalam pengajuan tuan rumah Piala Asia 2023.

Seperti diketahui, AFC melalui rapat Komite Eksekutif pada Senin (17/10/2022), secara resmi memilih Qatar sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Qatar mengalahkan Indonsia dan Korea Selatan yang ikut dalam proses pemilihan.

"Atas nama AFC dan keluarga sepak bola Asia, saya ingin mengucapkan selamat kepada Asosiasi Sepak Bola Qatar (QFA) karena telah diberikan hak menjadi tuan rumah edisi Piala Asia mendatang," kata Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa.

"Kami juga harus berterima kasih kepada Persatuan Sepak Bola Indonesia dan Persatuan Sepak Bola Korea yang telah menjelaskan niat mereka untuk menggelar turnamen," ucap pria asal Bahrain itu.

Belum diketahui jadwal resmi Piala Asia 2023 setelah penunjukkan Qatar sebagai tuan rumah. Namun, turnamen tersebut berpotensi mundur ke Januari 2024 untuk menghindari udara panas.

2 dari 4 halaman

Yakin Sukses

Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa juga yakin Piala Asia 2023 akan berlangsung lancar di Qatar. Apalagi dalam waktu dekat Qatar juga akan menyelenggarakan Piala Dunia 2022 yang bisa menjadi tolok ukur.

"Mengingat waktu persiapan yang singkat, kami tahu kerja keras segera dimulai," ucap Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa.

"Akan tetapi, dengan infrastruktur kelas dunia yang ada dan kemampuan menjadi tuan rumah yang tak tertandingi, kami yakin Qatar akan menampilkan tontonan yang layak sesuai dengan prestise dan status mereka sebagai permata mahkota Asia," tegas Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa.

3 dari 4 halaman

Edisi Ketiga

Menjadi tuan rumah Piala Asia bukan menjadi yang pertama buat Qatar. Sebelumnya, Qatar pernah menggelar Piala Asia pada edisi 1988 dan 2011.

Adapun secara keseluruhan, ini menjadi edisi Piala Asia keenam yang digelar di Timur Tengah. Selain Qatar, Kuwait dan Uni Emirat Arab juga pernah menjadi tuan rumah Piala Asia.

Menjadi tuan rumah tentu merupakan tantangan berat buat Timnas Qatar. Apalagi mereka merupakan juara bertahan Piala Asia.

4 dari 4 halaman

Daftar Peserta Piala Asia 2023

  1. Qatar
  2. Jepang
  3. Suriah
  4. Korea Selatan
  5. Australia
  6. Iran
  7. Arab Saudi
  8. Uni Emirat Arab
  9. China
  10. Irak
  11. Oman
  12. Vietnam
  13. Lebanon
  14. Palestina
  15. Uzbekistan
  16. Thailand
  17. India
  18. Hong Kong
  19. Tajikistan
  20. Kirgistan
  21. Bahrain
  22. Malaysia
  23. Yordania
  24. Indonesia

Video Populer

Foto Populer