Sukses


Perkenalkan Cho Byung-kuk, Tangan Kanan Baru Shin Tae-yong di Timnas Indonesia Penerus Dzenan Radoncic

Bola.com, Jakarta - Shin Tae-yong tidak butuh waktu lama untuk mencari pengganti Dzenan Radoncic sebagi asistennya di Timnas Indonesia. Arsitek asal Korea Selatan itu telah menunjuk Cho Byung-kuk.

Dzenan Radoncic mundur sebagai tangan kanan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia pada 1 Oktober 2022 karena pulang ke kampung halamannya, Montenegro untuk menemani ibunya yang sakit keras.

"Nama asisten baru Shin Tae-yong adalah Cho Byung-kuk," ujar Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri kepada Bola.com, Kamis (20/10/2022).

Indra Sjafri juga memastikan bahwa Cho Byung-kuk telah berada di Turki untuk menemani Shin Tae-yong memimpin pemusatan latihan timnas U-20.

"Betul, dia sudah bergabung dengan timnas U-20 di Turki," kata Indra Sjafri, yang juga mantan pelatih timnas U-23 tersebut.

2 dari 4 halaman

Siapa Cho Byung-kuk?

Sebelum menjadi tangan kanan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Cho Byung-kuk adalah pelatih South Coast Flame FC U-13.

South Coast Flame FC adalah tim yang berbasis di Illawarra, New South Wales, Australia yang fokus dengan pendidikan sepak bola usia dini.

Cho Byung-kuk menjadi penanggung jawab South Coast Flame FC U-13 sejak 1 Oktober 2021. "Mantan pemain Timnas Korea Selatan akan menjadi pelatih U-13 mulai 2022," tulis South Coast Flame FC dalam laman Facebooknya.

3 dari 4 halaman

Tenar Sebagai Pesepak Bola

Karier kepelatihan Cho Byung-kuk memang baru seumur jagung, namun jangan meragukan kiprahnya sebagai pesepak bola.

Sewaktu masih bermain, Cho Byung-kuk adalah bek Timnas Korea Selatan dengan sebelas caps.

Dia pernah membela sejumlah raksasa Asia mulai dari Suwon Samsung Bluewings, Seongnam Ilhwa Chunma, Jubilo Iwata, hingga Shanghai Shenhua.

Cho Byung-kuk mampu membawa Seongnam Ilhwa Chunma ke babak semifinal Piala Duni Antarklub pada 2010, namun kalah 0-3 dari Inter Milan.

4 dari 4 halaman

Mantan Anak Buah Kesayangan Shin Tae-yong

Cho Byung-kuk gantung sepatu pada 2019 ketika membela klub Australia, South Coast United SC.

Cho Byung-kuk juga menjadi anak buah Shin Tae-yong ketika menangani Seongnam Ilhwa Chunma pada 2009-2011.

Pria kelahiran 1 Juli 1984 itu bermain 72 kali ketika dipoles Shin Tae-yong di Seongnam Ilhwa Chunma dengan catatan 6.537 menit.

Video Populer

Foto Populer