Sukses


Asnawi Mangkualam Ungkap 2 Target Bersama Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Bola.com, Ansan - Bek Asnan Greeners FC, Asnawi Mangkualam mengaku punya dua target yang ingin direalisasikan bersama Timnas Indonesia saat berlaga di Piala Asia 2023.

Pertama, Asnawi Mangkualam bertekad untuk membantu Timnas Indonesia tampil semaksimal mungkin di Piala Asia 2023. Target tersebut wajib dilakukan mengingat bermain di Piala Asia adalah kesempatan yang langka buat dirinya dan skuad Merah Putih.

"Tujuan saya sebagai pemain Timnas Indonesia tentunya memberikan prestasi yang baik. Tentunya kami ingin memberikan kontribusi dan bisa memberikan prestasi di sana," kata Asnawi Mangkualam dalam wawancara dengan K-League di Youtube.

Timnas Indonesia terakhir tampil di Piala Asia pada edisi 2007. Dalam empat penampilan di turnamen bergengsi Asia itu, Timnas Garuda hanya mampu tampil sampai babak penyisihan yakni pada 1996, 2000, 2004, dan 2007.

2 dari 5 halaman

Perbaiki Ranking FIFA

Kedua, Asnawi Mangkualam ingin Timnas Indonesia bisa memperbaiki ranking FIFA selama tampil di Piala Asia 2022. Caranya adalah meraih hasil terbaik mengingat akan menghadapi lawan yang mayoritas punya peringkat lebih baik di ranking FIFA.

"Kami bukan hanya ingin masuk ke turnamen saja, akan tetapi bisa memberikan prestasi dengan menaikkan ranking FIFA. Kami tahu, rangkin FIFA saat ini kami masih berada di bawah," tegas Asnawi Mangkualam.

Indonesia saat ini berada di peringkat 152 pada ranking FIFA. Pada Piala Asia 2023 nanti, pasukan Shin Tae-yong berada di pot empat yang memungkinkan mereka menghadapi lawan-lawan tangguh.

3 dari 5 halaman

Masih Betah

Asnawi Mangkualam baru menyelesaikan musim kedua bersama Ansan Greeners FC. Pemain Timnas Indonesia tersebut mengaku masih ingin terus membela Ansan Greeners FC.

Performa Asnawi Mangkualam meningkat pada musim kedua bersama Ansan Greeners FC. Asnawi mendapatkan kesempatan bermain lebih banyak dari musim sebelumnya bersama klub berjulukan Green Wolves tersebut.

"Tentunya, kalau secara pribadi individual sangat membantu karena di sini bisa mendapatkan kualitas yang baik bersama teman-teman yang berkualitas juga. Apalagi kita tahu K-League kualitas liganya sangat bagus," ucap Asnawi Mangkualam.

4 dari 5 halaman

Demi Timnas Indonesia

Asnawi Mangkualam saat ini masih terikat kontrak sampai Desember 2023 di Ansan Greeners FC. Asnawi berharap, performanya di Ansan Greeners FC bisa membantu Timnas Indonesia di masa depan.

"Saya harus bisa memberikan kontribusi yang saya dapatkan di sini. Agar bisa saya berikan untuk Timnas Indonesia," tegas Asnawi Mangkualam.

Sejak gabung dengan Ansan Greeners FC pada Februari 2021, Asnawi sudah membukukan 42 penampilan di berbagai ajang. Asnawi juga sukses mencetak dua gol dan tiga assist.

5 dari 5 halaman

Misi Khusus

Ansawi Mangkualam berharap bisa terus memberikan kontribusi pada musim berikutnya bersama Ansan Greeners FC. Asnawi juga ingin bisa berkarier di K-League 1 yang merupakan kompetisi tertinggi di Korea Selatan itu.

"Tujuannya saya bisa memberikan lebih banyak kontribusi buat tim. Tentunya, saya bisa berman di kasta tertinggi di Korea Selatan," ujar Asnawi Mangkualam.

Mimpi yang tak mustahil buat Asnawi Mangkualam. Apalagi pada pertengahan 2022 lalu Asnawi sempat dirumorkan masuk radar dari klub K-League 1, Jeonbuk Hyunday Motors.

Video Populer

Foto Populer