Sukses


Andai Iwan Bule Mundur, Ini 3 Sosok Potensial untuk Jadi Ketua Umum PSSI

Bola.com, Bandung - Kepengurusan PSSI di bawah komando Mochamad Iriawan, disarankan untuk mundur setelah Tragedi Kanjuruhan menelan ratusan korban jiwa. Andai Mochamad Iriawan mundur, siapa yang layak menjadi lokomotif PSSI?

Saran agar kepengurusan PSSI saat ini, yang dipimpin Mochamad Iriawan, untuk mundur dilontarkan Ketua Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan, Mahfud MD.

Namun, hingga saat ini saran dari Mahfud MD yang juga menjabat sebagai Menkopolhukam RI itu belum direspons oleh Iwan Bule, sapaan karib Mochamad Iriawan.

Jika berandai-andai pada akhirnya Iwan Bule memutuskan untuk mundur sesuai saran dari TGIPF, siapa sosok yang cocok untuk menjadi pengganti di PSSI?

Beberapa nama muncul dan dinilai cukup cocok untuk menggantikan Iwan Bule sebagai Ketua Umum PSSI dan membimbing sepak bola Indonesia ke depannya. Siapa saja mereka?

2 dari 5 halaman

1. Erick Thohir

Erick Thohir memang bukan sosok baru dalam dunia sepak bola. Selain sebagai pengusaha sukses yang kini menjabat Menteri BUMN, Erick juga pernah terjun dalam pengelolaan klub sepak bola, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Erick Thohir pernah tercatat sebagai Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) yang membawahi tim Persib Bandung. Kini ia juga tercatat sebagai satu di antara beberapa pemegang saham Persis Solo.

Selain itu, pria berusia 52 tahun itu pernah menjadi pemilik klub Italia, Inter Milan, dan klub MLS Amerika Serikat, DC United. Ia juga memiliki klub basket NBA, seperti Philadelphia 76ers dan tim basket Indonesia, Satria Muda.

Pengalamannya menangani tim olahraga, termasuk di luar negeri, membuat sosok Erick Thohir cukup dekat dengan FIFA. Tidak heran jika ia juga yang diutus Presiden Joko Widodo untuk menemui Presiden FIFA, Gianni Infantino, setelah Tragedi Kanjuruhan.

Bahkan Erick Thohir pernah menjabat sebagai Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI). Dengan segudang pengalamannya dalam bidang olahraga, tak heran jika Erick Thohir muncul dan disebut sebagai sosok yang cukup tepat menggantikan Iwan Bule sebagai ketua PSSI.

3 dari 5 halaman

2. Kaesang Pangarep

Putra bungsu dari Presiden Joko Widodo ini memang sosok yang baru dalam dunia sepak bola. Ia merupakan satu di antara pemilik klub Liga 1 musim ini, Persis Solo.

Akhir-akhir ini, nama Kaesang Pangarep cukup rajin mengkritik PSSI, tepatnya setelah Tragedi Kanjuruhan. Sebagai anak muda yang cukup perhatian terhadap sepak bola di Tanah Air, Kaesang pun ramai digadang-gadang sebagai sosok yang bisa menggantikan Iwan Bule jika mundur.

Terlebih lagi, Kaesang jauh dari kepentingan politik. Ia memiliki latar belakang sebagai pengusaha muda yang kini menjadi satu di antara beberapa pemilik Persis Solo.

4 dari 5 halaman

3. Ratu Tisha Destria

Nama Ratu Tisha Destria tentu sudah tidak asing di tubuh PSSI. Maklum wanita kelahiran 1985 ini pernah memiliki jabatan yang cukup mentereng di PSSI, yaitu sebagai sekretaris jenderal pada periode 2017 hingga 2020.

Namun, Ratu Tisha mengundurkan diri sebagai Sekjen PSSI pada April 2020. Selain berpengalaman di PSSI, Ratu Tisha juga sempat menjadi Wakil Presiden AFF.

Jebolan Institut Teknologi Bandung (ITB) itu memang cukup mumpuni soal organisasi sepak bola. Ia juga sempat menimba ilmu dalam sebuah program yang dibuat oleh FIFA, yaitu FIFA Master.

Dengan ilmu yang didapat selama di FIFA, Tisha pun dipercaya menjadi Direktur Kompetisi Indonesian Soccer Championship (ISC) 2016 hingga menduduki jabatan Sekjen PSSI.

Memiliki latar belakang dan pengalaman yang cukup bagus di dunia persepakbolaan, khususnya di PSSI, maka tak heran sosok Ratu Tisha Destria ini disebut-sebut menjadi sosok yang pantas menggantikan Iwan Bule jika mundur.

5 dari 5 halaman

Persaingan di Liga 1 Musim Ini

Video Populer

Foto Populer