Sukses


Mengulik Persaingan Piala AFF 2022: Momentum Shin Tae-yong Kasih Gelar untuk Timnas Indonesia hingga Perpisahan Park Hang-seo

Bola.com, Jakarta - Piala AFF 2022 bakal digelar kurang dari dua bulan lagi. Turnamen ini menjadi momentum buat Timnas Indonesia dalam meraih gelar perdana sepanjang masa.

Piala AFF 2022 rencananya berlangsung pada 20 Desember 2022 sampai 16 Januari 2023. Turnamen elite antartim Asia Tenggara itu dikembalikan ke format lama yakni kandang-tandang.

Setiap tim masing-masing mendapatkan kesempatan bermain dua kali di kandang dan dua kali tandang pada babak penyisihan grup. Adapun babak semifinal dan final digelar kandang-tandang dalam format dua leg.

Tanpa mengurangi rasa hormat pada tim lain, perburuan gelar Piala AFF 2022 diprediksi masih akan melibatkan empat tim. Sebut saja Timnas Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Malaysia.

Keempat tim di atas menunjukkan perkembangan yang signifikan sepanjang 2022. Lantas, bakal seperti apa peta persaingan yang berpeluang terjadi di Piala AFF 2022?

2 dari 7 halaman

Momentum Shin Tae-yong

Piala AFF 2022 menjadi momentum untuk Timnas Indonesia menjadi juara. Alasannya sederhana, pasukan Shin Tae-yong mengalami perkembangan pesat sepanjang 2022.

Setelah hampir juara untuk keenam kalinya pada edisi 2020, Timnas Indonesia berbenah. Hasilnya cukup mengesankan yakni mampu menembus Piala Asia 2023 hingga tangguh di FIFA Matchday yang berdampak pada perbaikan ranking.

Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong semakin matang dengan amunisi pemain muda. Jadi, sudah saatnya untuk mengakhiri dahaga gelar yang telah berlangsung selama 26 tahun terakhir.

3 dari 7 halaman

Kado Perpisahan Park Hang-seo

Vietnam masih menjadi kandidat kuat peraih gelar Piala AFF 2022. Apalagi turnamen ini menjadi edisi terakhir buat pelatih Park Hang-seo.

Pelatih asal Korea Selatan itu menolak memperpanjang kontraknya di Timnas Vietnam. Alasan keluarga dan usia menjadi pertimbangan Park Hang-seo untuk pergi.

Bisa dipastikan, Park Hang-seo akan berusaha sekeras mungkin untuk memberikan kado perpisahan terindah untuk Vietnam. Gelar Piala AFF 2022 bakal sangat spesial untuk menandai perpisahan tersebut.

4 dari 7 halaman

Pembuktian Kim Pan-gon

Timnas Malaysia menatap percaya diri Piala AFF 2022. Kehadiran pelatih Kim Pan-gon membawa energi positif bagi Harimau Malaya untuk juara lagi.

Seperti diketahui, Malaysia sudah 12 tahun tidak juara setelah edisi Piala AFF 2010. Meskipun belum maksimal, namun kehadiran Kim Pan-gon membawa angin segar di Timnas Malaysia.

Piala AFF 2022 menjadi pembuktian yang layak buat Kim Pan-gon. Alangkah indahnya bila pelatih asal Korea Selatan itu mampu mempersembahkan gelar Piala AFF pada turnamen pertamanya.

5 dari 7 halaman

Tantangan Alexandre Polking

Sebagai juara bertahan, Thailand tentu menjadi favorit peraih gelar Piala AFF 2022. Ini jelas memberikan tantangan berat buat pelatih Alexandre Polking.

Apalagi Thailand tak bisa memainkan Chanathip Songkrasin yang kabarnya ogah tampil di Piala AFF. Pelatih Alexandre Polking tentu harus memutar otak untuk menyusun komposisi pemain terbaik.

Namun, Polking sejatinya tak pelru khawatir. Thailand memiliki banyak pemain berkualitas yang siap membantu dalam misi mempertahankan gelar Piala AFF 2022.

6 dari 7 halaman

Hasil Undian Piala AFF 2022

7 dari 7 halaman

Jadwal Pertandingan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

  • 23/12/2022 - Timnas Indonesia Vs Kamboja
  • 26/12/2022 - Brunei Darussalam/Timor Leste Vs Timnas Indonesia
  • 29/12/2022 - Timnas Indonesia Vs Thailand
  • 2/1/2023 - Filipina Vs Timnas Indonesia

Video Populer

Foto Populer