Sukses


Rekor Timnas Indonesia U-20 Sebelum Dua Kali Hadapi Moldova di Turki: Sekali Menang, Berlanjut Kalah

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-20 terus melanjutkan pemusatan latihan di Turki. Pemusatan latihan itu mulai dilakukan lebih dari sepekan yang lalu.

Skuad Shin Tae-yong akan menghadapi dua agenda besar pada 2023. Dua agenda yang dimaksud adalah Piala Asia U-20 2023 dan Piala Dunia U-20 2023.

Piala Asia U-20 2023 akan berlangsung di Uzbekistan. Sementara Piala Dunia U-20 2023 akan berlangsung di Indonesia.

Selain menjalani program latihan ketat, Arkhan Kaka dan kolega juga menjalani rentetan laga uji coba. Sejauh ini sudah dua laga uji coba yang mereka jalani.

2 dari 4 halaman

Menang dari Klub Lokal

Uji coba pertama yang dijalani Timnas Indonesia U-20 berlangsung pada 24 Oktober lalu. Marselino Ferdinan dan kolega saat itu menghadapi klub lokal Turki, Cakallikli Spor.

Dalam laga uji coba yang berlangsung di Lapangan Kempinski Hotel Football, Antalya itu, Garuda Nusantara menang 2-1. Dua gol mereka saat itu diciptakan oleh Ginanjar Wahyu dan Ricky Pratama.

Pelatih Tim U-20 Indonesia, Shin Tae-yong cukup puas saat itu. Ia mengatakan tim asuhannya lebih mendominasi, kendati lawan yang dihadapi tim senior.

“Memang bisa saja dibilang timnya lemah, tapi lawan tetap merupakan tim senior. Jadi isi pertandingan juga lumayan baik. Secara keseluruhan baik,” kata Shin Tae-yong.

3 dari 4 halaman

Tumbang di Tangan Turki U-20

Dua hari setelah kemenangan tipis atas Cakallikli Spor, Timnas Indonesia U-20 menjajal lawan yang lebih berat. Tak main-main, Turki U-20 yang saat itu mereka hadapi.

Timnas Indonesia U-20 sebenarnya memberikan perlawanan yang cukup ketat saat itu. Namun, pada akhirnya mereka harus kalah tipis 1-2.

Satu-satunya gol Timnas Indonesia U-20 dicetak oleh Dony Tri Pamungkas saat itu. Sialnya, gol itu terjadi pada akhir babak kedua.

Shin Tae-yong saat itu menyoroti beberapa hal. Namun, tumpulnya lini depan menjadi fokus utama pelatih asal Korea Selatan itu.

"Masalah memang dari penyerangan dan memang ada counter attack dari lawan yang harusnya kami siapkan antisipasi dengan baik," jelasnya.

4 dari 4 halaman

Siap Dua Kali Hadapi Moldova U-20

Setalah dua kali menjalani laga uji coba di Turki, Timnas Indonesia U-20 sudah dihadapkan kepada dua uji coba lagi. Dua laga itu pun rencananya akan digelar di negara yang sama.

Lawan yang bakal dihadapi Timnas Indonesia U-20 adalah Moldova U-20. Marselino Ferdinan dkk. akan menghadapi tim dari Eropa itu dalam dua laga.

Pertemuan pertama keduanya akan berlangsung pada 1 November 2022. Pertemuan kedua akan berlangsung tiga hari kemudian.

Moldova memang tidak memikiki tradisi sepak bola yang kuat di Eropa. Namun, Moldova U-20 tidak lantas bisa diremehkan begitu saja.

Video Populer

Foto Populer