Sukses


Proses Justin Hubner dan Ivar Jenner untuk Perkuat Timnas Indonesia Berbeda dengan Elkan Baggott

Bola.com, Jakarta - PSSI telah memproses dua nama untuk memperkuat Timnas Indonesia U-20 di ajang Piala Dunia U-20 2023. Keduanya adalah Ivar Jenner dan Justin Hubner.

Ivar Jenner dan Justin Hubner bakal melalui proses naturalisasi sebelum bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Direktur Teknik (Dirtek) PSSI, Indra Sjafri proses yang akan dijalani oleh Ivar Jenner dan Justin Hubner berbeda dengan pemain Timnas Indonesia, Elkan Baggott.

Indra Sjafri mengatakan, sejak awal Elkan Baggott sudah mempunyai dua kewarganegaraan, yaitu Indonesia dan Inggris.

2 dari 4 halaman

Elkan Baggott Tinggal Melepas Kewarganegaraan Inggris

Oleh karena itu, Elkan Baggot tinggal melepaskan kewarganegaraan Inggris sehingga menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

"Elkan Baggott itu WNI jadi punya paspor Indonesia. Jadi tidak sama," tutur Indra Sjafri.

"Ini (Ivar Jenner dan Justin Hubner) memang betul-betul ada perpindahan kewarganegaraan."

"Dia WN Belanda, kami lakukan tindakan untuk menjadi WNI. Beda dengan Elkan," imbuhnya.

3 dari 4 halaman

Masih Mungkin Bertambah

Jumlah pemain keturunan yang dinaturalisasi untuk memperkuat Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023 masih ada kemungkinan bertambah. Sejauh ini, PSSI baru memproses dua nama.

Kedua pemain yang dimaksud adalah Ivar Jenner dan Justin Hubner. Mereka tiba di Indonesia pada Minggu (23/10/2022), kemudian esok harinya bertemu Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan.

Setelah itu pada Selasa (25/10), Ivar Jenner dan Justin Hubner melaksanakan pemeriksaan kesehatan dan wawancara dengan Badan Intelijen Negara (BIN) sebagai proses awal naturalisasi.

PSSI menyebut jika Ivar Jenner dan Justin Hubner merupakan dua dari empat pemain yang diajukan Shin Tae-yong secara resmi, meski sebelumnya dikabarkan pelatih asal Korea Selatan itu mengajukan lebih dari 11 nama pemain keturunan ke PSSI.

"PSSI hanya memproses setelah Shin Tae-yong memberi surat resmi siapa yang dia minta. Yang dia minta baru dua (Ivar Jenner dan Justin Hubner)," ujar Direktur Teknik (Dirtek) PSSI, Indra Sjafri.

4 dari 4 halaman

Disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023

Adapun, proyek naturalisasi kali ini disiapkan PSSI dan Shin Tae-yong untuk Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar di Indonesia. PSSI ingin Indonesia tidak hanya sukses sebagai penyelenggara.

Piala Dunia U-20 2023 akan berlangsung pada 20 Mei sampai 11 Juni tahun depan. Total, ada 24 tim terbaik yang tampil termasuk Indonesia sebagai tuan rumah.

Untuk menggelar Piala Dunia U-20 2023, PSSI menyiapkan enam stadion. Meliputi Jakabaring (Palembang), SUGBK (Jakarta), Si Jalak Harupat (Bandung), Manahan (Solo), Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Video Populer

Foto Populer