Sukses


Timnas Indonesia U-20 dan Vietnam, Tumpuan Gengsi Asia Tenggara di Piala Asia U-20 2023

Bola.com, Jakarta - Ada dua tim asal Asia Tenggara yang akan bertarung di ajang Piala Asia U-20 2023. Dua tim yang dimaskud adalah Timnas Indonesia U-20 dan Vietnam U-20.

Timnas Indonesia U-20 dan Vietnam U-20 bakal menjadi tumpuan gengsi Asia Tenggara pada ajang yang akan digelar di Uzbekistan pada tahun depan.

Piala Asia U-20 2023 memang unik. Hanya ada dua negara Asia Tenggara yang bisa menembus ajang itu. Thailand, Malaysia, dan Filipina yang biasanya tampil apik justru gagal lolos.

Berbeda dengan Piala Asia di level kelompok umur lain, di mana tim Asia Tenggara yang lolos lebih dari dua tim. Pada Piala Asia 2023 level senior misalnya, ada Indonesia, Vietnam, Thailand, dan Malaysia yang dipastikan lolos.

Empat tim dari Asia Tenggara pun bisa lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023. Bedanya, tidak ada Timnas Indonesia U-17 pada ajang itu. Thailand, Laos, Vietnam, dan Malaysia menjadi wakil Asia Tenggara di Piala Asia U-17 2023.

Dalam kesempatan ini Bola.com ingin membedah kekuatan Timnas Indonesia U-20 dan Vietnam U-20 yang bakal berlaga di Uzbekistan tahun depan.

 
2 dari 5 halaman

Persiapan Matang

Timnas Indonesia U-20 sudah melakukan persiapan sejak dini sebelum menghadapi Piala Asia U-20 yang berlangsung awal Maret tahun depan. Selain Piala Asia U-20, Timnas Indonesia U-20 pun akan berlaga di ajang Piala Dunia U-20 2023 sebagai tuan rumah.

Jadwal pemusatan latihan panjang dan rentetan uji coba pun sudah ada di dalam program Timnas Indonesia U-20. Saat ini Kakang Rudianto dkk. sedang berada di Turki.

Setelah menjalani program latihan di Turki, Timnas Indonesia U-20 pun akan melanjutkan program pemusatan latihan di Eropa, tepatnya di Spanyol, untuk makin mematangkan tim.

Ada 34 nama pemain yang dibawa dalam pemusatan latihan itu. Nama-nama itu tampaknya bakal bertambah dalam waktu dekat. Apalagi jika pemerintah mempercepat program naturalisasi pemain keturunan.

Baru-baru ini dua pemain keturunan sudah mengunjungi Jakarta untuk memulai proses naturalisasi. Ivar Jenner dan Justin Hubner sudah mantap memilih menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

3 dari 5 halaman

Perubahan Masif

Vietnam tampil buruk di ajang Piala AFF U-19 2022. Meski berhasil lolos dari fase grup, Vietnam gagal menjadi juara.

Hal itu yang membuat pelatih Vietnam U-20, Din The Nam melakukan perubahan besar pada skuadnya. Lebih dari 50 persen pemain yang dibawa di ajang Piala AFF U-19 2022 tak lagi dibawa pada ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Keputusan The Nam pun berbuah hasil. Van Kong Khuat dkk. tampil lebih baik di ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Mereka berhasil mengunci satu tiket lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023. Meski tiket itu berasal dari jalur runner-up terbaik.

Vietnam U-20 pun kini tengah intens melakukan persiapan. Bukan tak mungkin skuad yang dibawa Din The Nam ke Uzbekistan tahun depan akan kembali mengalami perubahan.

4 dari 5 halaman

Saling Balas

Rivalitas antara sepak bola Indonesia dan Vietnam terus memanas dalam beberapa tahun terakhir. Puncak titik didih rivalitas pada 2022 sejauh ini terjadi pada Piala AFF U-19 2022.

Saat itu, Vietnam dan juga Thailand dituding sengaja mengincar hasil imbang. Hasil itu memang bisa menyingkirkan Timnas Indonesia U-19 di babak grup dan membuat keduanya melenggang ke babak semifinal.

Vietnam dan Thailand pada akhirnya gagal menjadi juara ajang itu. Justru Malaysia yang tampil mengejutkan dan meraih gelar juara di Bekasi.

Pada ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, kebetulan Indonesia kembali ditunjuk sebagai tuan rumah. Kebetulannya lagi, Vietnam kembali berada dalam satu grup dengan Timnas Indonesia U-20.

Garuda Nusantara pun berhasil membalas apa yang terjadi di Piala AFF U-19 2022. Mereka mengalahkan Vietnam di laga terakhir kualifikasi sekaligus mengunci tiket ke Piala Asia U-20 2023.

5 dari 5 halaman

Tidak Lagi Satu Grup

Pada Piala Asia U-20 2023, sempat ada kekhawatiran bahwa Timnas Indonesia U-20 akan berada satu grup lagi dengan Vietnam. Sebab, keduanya memang berada pada pot yang berbeda. Garuda Nusantara ada di pot 2, sementara Vietnam menempati pot 3.

Namun, hasil undian berbicara berbeda. Timnas Indonesia U-20 menempati Grup A. Ada Uzbekistan, Irak, dan Suriah pada grup tersebut.

Di sisi lain, Vietnam menempati Grup B. Vietnam bakal menghadapi tantangan berat di grup itu karena berada satu grup dengan Australia, Iran, dan Qatar.

Jika sama-sama lolos dari fase grup, Timnas Indonesia U-20 bisa saja kembali bertemu Vietnam di babak perempat final.

Skenario itu akan terwujud jika salah satu dari Vietnam lolos sebagai juara grup sementara Timnas Indonesia sebagai runner-up. Skenario sebaliknya pun bisa diterapkan jika kita ingin melihat keduanya saling hajar di babak perempat final.

Video Populer

Foto Populer