VIDEO: Tanggapan David da Silva Saat Jalani Latihan Perdana Persib Bandung Usai Diliburkan Dua Pekan

VIDEO: Tanggapan David da Silva Saat Jalani Latihan Perdana Persib Bandung Usai Diliburkan Dua Pekan

Persib Bandung kembali menjalani latihan rutinitas bersama pasca diliburkan selama dua pekan. Latihan yang dipimpin pelatih fisik Yaya Sunarya itu digelar di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Senin (31/10/2022) sore.

Striker asing Persib, David da Silva cukup antusias menjalani latihan bersama rekan-rekannya di tim meski tanpa pelatih kepala, Luis Milla.

Bahkan striker asal Brasil itu mengaku kondisinya sudah sangat siap jika kompetisi Liga 1 2022/2023 dilanjutkan bergulir setelah dihentikan sejak 2 Oktober 2022 lalu.

"Kondisi saya oke, tapi kami belum tahu kapan Liga akan dimulai lagi. Tetap kami harus dalam kondisi yang siap bertanding," ujar David da Silva usai latihan.

"Dua pekan menjadi waktu yang cukup menenangkan pikiran, meluangkan waktu bersama keluarga, dan memikirkan pula perkembangan sepak bola Indonesia," lanjut Da Silva.

Sebab kata Da Silva hal tersebut penting untuk masa depan kapan pertandingan dimulai lagi. "Saya rasa dua pekan (libur) itu cukup dan sekarang kami mulai melanjutkan lagi latihan dan bersiap jika liga akan berjalan kembali," kata Da Silva.

Disinggung belum ada kejelasan kelanjutan Liga 1 musim ini, pemain bernomor punggung 19 di Persib menyebutkan seharusnya sepak bola tidak berhenti.

"Karena semua harus memikirkan juga mereka yang bekerja di bidang ini (sepak bola), termasuk kalian (wartawan) yang tentunya punya pekerjaan untuk dilakukan," cetus Da Silva.

"Kami harus melanjutkan ini dan memastikan apa yang terjadi di Malang tidak terjadi lagi. Semua harus memikirkan bahwa sepak bola itu adalah sumber kehidupan dan tidak bisa dihentikan," tambah Da Silva.

Da Silva berpendapat bahwa kompetisi Liga 1 musim ini harus kembali bergulir lantaran pemain harus kembali bergulir dan memikirkan keluarga.

"Tentu saya merasa sedih karena terjadi insiden seperti ini, ini duka sepak bola di dunia. Tapi semua juga tahu, sebelumnya COVID membunuh banyak orang, tapi pekerjaan harus terus dilanjutkan, semuanya perlu bekerja," kata Da Silva.

Terlebih semua yang terlibat dalam sepak bola harus memikirkan keluarga, butuh makan dan semua perlu uang atau upah, maka itu tentunya semua harus terus bekerja.

"Saya rasa liga dihentikan dan jika ada pemotongan gaji, tentunya itu akan menjadi masalah besar, bukan hanya untuk pemain tapi untuk semua klub. Menurut opini saya, kehidupan harus dilanjutkan," ujar penyerang Persib Bandung, David da Silva.

*(Video ini di edit oleh Cevin Natanael Ginting dari Universitas Sumatera Utara)

Ringkasan

Oleh Erwin Snaz pada 31 October 2022, 22:09 WIB

Video Terkait

Spotlights