Sukses


4 Pemain Langganan Timnas Indonesia di Skuad Arema FC yang Mulai Dilupakan Shin Tae-yong

Bola.com, Malang - Arema FC sebenarnya punya materi pemain mentereng, terutama di barisan pemain lokal. Banyak pemain yang sempat masuk skuad Timnas Indonesia yang didatangkan ke Singo Edan pada musim ini.

Biasanya pemain yang membela Arema FC akan makin berkibar, tapi tidak demikian yang didatangkan Singo Edan pada musim ini.

Empat pemain berlabel Timnas Indonesia yang didatangkan oleh Arema FC pada musim ini justru seperti dilupakan oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Tentu tidak dipanggilnya para pemain Timnas Indonesia yang ada di skuad Arema FC itu oleh Shin Tae-yong karena beberapa alasan yang berbeda. Ada yang sempat mengalami cedera. Ada pula yang performanya kurang konsisten.

Berikut empat pemain Arema FC yang sempat menjadi langganan Timnas Indonesia, tapi kini mulai terlupakan oleh Shin Tae-yong.

2 dari 5 halaman

Evan Dimas

Sebenarnya Evan Dimas sempat dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan pada Juni 2022 lalu. Ketika itu gelandang flamboyan ini dipanggil untuk menjalani uji coba melawan Bangladesh dalam agenda FIFA Matchday. Namun Evan tak bisa memenuhi panggilan itu karena cedera.

Namun setelah pulih, Evan justru tidak mendapatkan panggilan dalam FIFA Matchday selanjutnya, yaitu ketika melawan Curacao pada pengujung September lalu.

Ketika itu, komposisi lini tengah Timnas Indonesia sudah jadi milik Rachmat Irianto, Marc Klok, Ricky Kambuaya dan beberapa pemain lainnya. Ditambah lagi barisan pemain muda seperti Marselino Ferdinan dan Syahrian Abimanyu juga mulai dipercaya oleh Shin Tae-yong.

Sementara itu di Arema, Evan Dimas tidak selalu jadi pilihan utama. Dari 11 pertandingan yang sudah dijalani Arema, Evan hanya 5 kali menjadi starter dan 3 kali jadi pengganti. Sedangkan dia sempat absen dalam 3 pertandingan karena cedera dan sakit gejala tipes.

Padahal namanya seperti tak pernah absen ketika Timnas Indonesia sedang menjalani pemusatan latihan atau menjalani uji coba dan berbagai turnamen. Tepatnya sejak membela Timnas Indonesia U-19 pada 2013 silam. Padahal saat ini Evan ada di usia emas, 27 tahun. Harusnya, justru sekarang dia ada di puncak permainannya.

3 dari 5 halaman

Adam Alis

Winger yang satu ini sempat keluar masuk Timnas Indonesia. Terakhir dia dipanggil mengikuti pemusatan latihan tim Merah Putih pada 2021 lalu, tepatnya saat Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia dan Kualifikasi Piala Asia 2023. Saat itu Adam Alis masih membela Bhayangkara FC.

Tapi sejak bermain untuk Arema FC, dia mulai tersisih dari Timnas Indonesia. Ada sederet winger yang lebih energik seperti Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri hingga Saddil Ramdani. Sementara performa Adam di Arema cenderung kurang stabil.

Adam sempat jadi andalan Arema FC di sayap kiri. Aksi-aksi individunya jadi hiburan tersendiri bagi Aremania. Namun, belakangan posisinya mulai tergeser.

Adam jadi starter dalam 8 laga dari total 11 pertandingan yang sudah dimainkan Arema. Hasilnya, dia baru membuat satu assist dan belum mencetak gol.

Bisa jadi saat ini Adam masih beradaptasi dengan rekan-rekan barunya karena saat bermain untuk Bhayangkara FC, dia jadi winger yang lumayan tajam.

Musim lalu Adam menyumbangkan 4 gol karena akselerasinya sering menusuk ke dalam kotak penalti dan melakukan finishing. Itu yang jarang terlihat di Arema. Lantaran posisinya terkadang diubah jadi gelandang serang.

4 dari 5 halaman

Gian Zola

Gelandang serang asal Bandung ini sempat jadi andalan di Timnas Indonesia kelompok usia. Terakhir dia dipanggil membela Timnas Indonesia U-22 pada 2019 lalu.

Namun, ketika usianya sudah masuk kategori senior, Zola tidak lagi akrab dengan panggilan Timnas Indonesia.

Padahal, dia masuk daftar pemain yang sempat di panggil Timnas Indonesia senior saat masih usia muda. Zola menjalani debutnya dengan timnas senior pada usia 18 tahun, yakni saat tim Garuda ditangani Luis Milla menjalani uji coba melawan Myanmar.

Pada tahun yang sama, dia kembali masuk dalam timnas senior saat uji coba melawan Kamboja dan Puerto Rico. Zola sempat mencetak gol saat melawan Kamboja.

Nama Zola sempat tenggelam karena jarang mendapatkan kesempatan main di klub asalnya, Persib Bandung. Dia sempat dipinjamkan ke Persela Lamongan demi mendapatkan kesempatan bermain lebih banyak.

Saat membela Arema FC, sebenarnya Zola punya kesempatan main yang lumayan. Dia sudah tampil dalam 10 pertandingan dan membuat 1 assist. Namun, itu belum cukup membuat pelatih Timnas Indonesia saat ini, Shin Tae-yong, meliriknya.

5 dari 5 halaman

Ilham Udin Armaiyn

Winger yang satu ini sebenarnya sedang on fire bersama Arema FC. Meski lebih sering jadi pengganti, Ilham Udin selalu membawa perubahan untuk permainan tim Singo Edan. Pemain berusia 26 tahun ini sudah menyumbangkan 2 gol dari total 10 kesempatan bermain.

Periode 2013-2018 dia jadi andalan di Timnas Indonesia U-19, U-23, hingga timnas senior, meskipun usianya masih tergolong muda. Tercatat dia tampil dalam 28 pertandingan bersama Timnas U-19. Sedangkan bersama Timnas U-23, Ilham turun sebanyak 13 laga.

Sementara di Timnas Indonesia senior, pemain kidal ini merasakan 6 pertandingan saat masih ditangani Luis Milla. Dia menyumbangkan 1 gol saat uji coba melawan Islandia di Jakarta. Waktu itu statusnya masih jadi pemain Selangor FA di Malaysia.

Video Populer

Foto Populer