Sukses


Harapan Pelatih PSM Jika Liga 1 Dilanjutkan: Sepak Bola Tanpa Suporter, Kurang Lengkap

Bola.com, Makassar - Kabar Liga 1 2022/2023 akan segera dilanjutkan, direspon gembira pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares. Namun dia berharap, regulasi kompetisi masih tetap seperti sedia kala.

Contohnya tetap diperbolehkannya suporter untuk hadir di stadion. Bernardo menyebut, pertandingan sepak bola tanpa suporter adalah sesuatu yang tidak lengkap.

"Sepak bola tanpa suporter itu bukan sepak bola seutuhnya. Kalian bisa lihat apa yang terjadi di kandang kita dengan antusias dari penonton,” katanya, Jumat (04/11/2022).

Bagi Pasukan Ramang, lanjut Bernardo, kehadiran suporter fanatik di stadion saat PSM Makassar bertanding sangatlah berarti. Suporter ibarat pemain ke-12 untuk skuadnya.

"Dukungan dari penonton, sorak-sorai dari penonton, itu seperti energi tambahan kepada pemain PSM pada saat bermain," lanjut pelatih berpaspor Portugal ini.

 

2 dari 4 halaman

Format Baru

Beredar kabar bahwa BRI Liga 1 2022/2023 yang terhenti di pekan ke-11 akibat tragedi Kanjuruhan, akan dilanjutkan dengan format baru.

Pertandingan akan dipusatkan di satu tempat, dan tidak dihadiri penonton di stadion. Jika benar, maka itu jelas kerugian bagi PSM Makassar.

Tim Ayam Jantan dari Timur, julukan lain PSM Makassar, begitu perkasa saat tampil di kandang dengan dukungan suporternya.

Dari lima laga di Stadion Gelora BJ Habibie, PSM mengemas empat kemenangan. Satu-satunya hasil imbang adalah ketika bermain 1-1 melawan Persija Jakarta.

 

3 dari 4 halaman

Tidak Lengkap Sepak Bola Tanpa Suporter

Tak hanya di kandang, suporter PSM Makassar juga tidak pernah absen sekalipun mendukung Wiljan Pluim cs di laga tandang.

"Opini saya pribadi sepak bola tidak lengkap tanpa suporter. Tidak bagus," tukas Bernardo.

 

4 dari 4 halaman

Pasrah

Meski demikian, Bernardo mengaku pasrah saja jika nantinya suporter tidak diperbolehkan ada di stadion. Sebab saat ini yang paling penting adalah Liga 1 kembali dilanjutkan.

"Namun kalau ini salah satunya syarat supaya liga dimulai kita harus terpaksa untuk menyetujuinya," pungkas Bernardo.

Video Populer

Foto Populer