Sukses


Achsanul Qosasi Respons Kemungkinan Maju sebagai Calon Ketua PSSI Gantikan Iwan Bule

Bola.com, Jakarta - Presiden Madura United, Achsanul Qosasi merespons kemungkinan untuk maju dalam bursa pencalonan sebagai Ketua PSSI demi menggantikan Mochamad Iriawan alias Iwan Bule.

PSSI akan menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada awal tahun depan dengan agenda pemilihan Ketua dan jajaran Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

Namun, PSSI harus lebih dulu melakukan kongres biasa sebelum memutar KLB PSSI untuk membentuk Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan (KBP).

"Kita tunggu dulu ya. Ini masih jauh. Prosesnya butuh waktu," ujar pria yang karib dipanggil AQ itu kepada Bola.com beberapa waktu lalu.

2 dari 6 halaman

Menunggu Pembentukan KP

Achsanul Qosasi juga belum bisa menilai sosok dengan karakteristik seperti apa yang layak menjadi pimpinan PSSI selanjutnya sebagai penerus Iwan Bule.

"Tentang Ketua PSSI, sebaiknya kita menunggu dulu terbentuknya KP karena dari sana akan muncul syarat-syarat menjadi calon Ketua PSSI," imbuh Achsanul Qosasi.

Dalam suratnya ke FIFA, PSSI menjadwalkan kongres biasa pada 7 Januari 2022 dan KLB PSSI pada 18 Maret 2023.

3 dari 6 halaman

Achsanul Qosasi Disebut Layak

Founder Football Institute, Budi Setiawan menyebut bahwa Achsanul Qosasi dan dua tokoh lainnya pantas untuk menggantikan Iwan Bule sebagai Ketua PSSI.

Selain Achsanul Qosasi, dua nama lainnya ialah Erick Thohir dan Hary Tanoesoedibjo.

Achsanul Qosasi bukan orang baru di sepak bola Indonesia. Pria yang juga menjabat sebagai anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) ini pernah menjadi pengurus PSSI era Nurdin Halid.

4 dari 6 halaman

Eks Bendahara PSSI

Achsanul Qosasi menjabat sebagai Bendahara PSSI pada 2007-2011. Dia juga pernah menjadi Bakal Calon Ketua PSSI pada 2015 ketika La Nyalla Mattalitti terpilih sebagai pimpinan PSSI.

Mantan Ketua PSJS Jakarta Selatan pada 2000-2003 ini telah menjadi anggota BPK dua kali dalam periode 2014-2019 dan 2019-2024.

Achsanul Qosasi juga sempat menjadi anggota DPR RI Komisi XI pada 2009-2014.

5 dari 6 halaman

Figur dari Generasi Milenial

Selain Achsanul Qosasi, sejumlah nama dari generasi milenial digadang-gadang cocok untuk menjadi penerus Iwan Bule semodel Kaesang Pangarep dan Raffi Ahmad.

Namun, Kaesang Pangarep terang-terangan masih ogah untuk maju sebagai calon Ketua PSSI karena fokus mempersiapkan pernikahannya dengan Erina Gudono pada Desember 2022.

"Saya menyatakan KLB bukan berarti saya mau menjadi Ketua PSSI. Saya mau fokus persiapan untuk pernikahan," ujar Kaesang Pangarep di akun Twitternya, @kaesangp pada 25 Oktober 2022.

"Setelah menikah langsung mencalonkan sebagai Ketua PSSI, cocok," kata netizen. "Tidak, saya mau honeymoon dulu," balas Kaesang Pangarep.

6 dari 6 halaman

Raffi Ahmad Berminat?

Sementara itu, Presiden RANS Nusantara FC, Roofi Ardian memandang bahwa kecil kemungkinan Raffi Ahmad berminat untuk menjadi Ketua PSSI.

"Ah, enggak. Sepertinya jadi Ketua PSSI terlalu jauh ya. Sepertinya tidak sampai situ," ujar Roofi Ardian.

Video Populer

Foto Populer