Sukses


Hore! Iwan Bule Sebut Komisi X DPRI Menyetujui Naturalisasi Shayne Pattynama untuk Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Mochamad Iriawan mengungkapkan bahwa naturalisasi Shayne Pattynama untuk Timnas Indonesia telah mendapatkan persetujuan dari Komisi X DPR RI.

Pria yang karib dipanggil Iwan Bule itu baru saja mengikuti rapat kerja (raker) dengan Komisi X DPR dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali untuk membahas naturalisasi Shayne Pattynama demi Timnas Indonesia.

Raker itu digelar di Gedung DPR RI, Jakarta Pusat pada Selasa (8/11/2022) pagi WIB.

"Saya banyak membaca dukungan dari masyarakat terkait proses naturalisasi Shayne Pattynama," ujar Iwan Bule di akun Instagramnya, @mochamadiriawan84, Selasa (8/11/2022) siang WIB.

2 dari 6 halaman

Penjelasan Iwan Bule

"Kita semua menginginkan proses ini berjalan dengan baik sesuai apa yang diharapkan," imbuh pria berusia 60 tahun tersebut.

"Alhamdulillah, Komisi X DPR RI telah menyetujui permohonan naturalisasi untuk Shayne Pattynama."

"Semoga proses-proses berikutnya berjalan lancar sehingga Garuda dapat segera bersarang di dada Shayne Pattynama," jelasnya.

3 dari 6 halaman

Proses Selanjutnya

Iwan Bule mengapresiasi Komisi X DPR yang sudah bersepakat untuk meloloskan proses naturalisasi Shayne Pattynama menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

"Terima kasih kepada seluruh teman-teman Komisi X DPR yang telah menaruh perhatian terhadap proses naturalisasi Shayne," tutur Iwan Bule.

Selanjutnya, proses naturalisasi Shayne Pattynama akan dibahas oleh Komisi III DPR pada Rabu (9/11/2022) pagi WIB.

4 dari 6 halaman

Raker dengan Komisi III DPR

Komisi III DPR bakal melakukan rapat kerja dengan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna Laoly dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali untuk menentukan nasib bek berusia 24 tahun itu.

"Pada 9 November 2022 pukul 10.00 WIB, Pembahasan Permohonan Pertimbangan Kewarganegaraan RI atas Nama Shayne Elian Jay Pattynama," tulis agenda DPR di situs DPR.

Selain Shayne Pattynama, PSSI juga mengajukan naturalisasi terhadap Sandy Walsh dan Jordi Amat yang tinggal menunggu Keputusan Presiden (Keppres) dan pengambilan sumpah kewarganegaraan.

5 dari 6 halaman

Alur Naturalisasi

Perwakilan PSSI yang mengurus pemain naturalisasi, Hamdan Hamedan mengungkapkan alur yang harus dilalui Shayne Pattynama sebelum membela Timnas Indonesia.

Selain naturalisasi secara hukum Indonesia, PSSI juga harus memproses administrasi alih status dan perpindahan asosiasi Shayne Pattynama dari Belanda di FIFA.

"Setelah DPR, lalu dikirim ke Kementerian Sekretariat Negara, kemudian ke Presiden Jokowi. Memang alurnya panjang," imbuh Hamdan Hamedan kepada Bola.com.

6 dari 6 halaman

Unggahan Iwan Bule

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Mochamad Iriawan - Iwan Bule (@mochamadiriawan84)

Video Populer

Foto Populer