Sukses


Timnas Indonesia Bakal Bertabur Bintang di Piala AFF 2022: Siapa Jadi Andalan Shin Tae-yong?

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan berlaga di Piala AFF 2022 yang dijadwalkan digelar mulai 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Shin Tae-yong memiliki pemain-pemain bertalenta yang melimpah untuk tampil di kejuaraan bergengsi di Asia Tenggara tersebut.

Timnas Indonesia tergabung di Grup A Piala AFF 2022 bersama Thailand, Kamboja, Filipina, dan Brunei Darussalam. Dengan sistem round robin dan skema dua pertandingan kandang dan dua pertandingan tandang, Tim Garuda akan menjamu Thailand dan Kamboja, serta bertandang ke Filipina dan Brunei Darussalam.

Shin Tae-yong, yang saat ini tengah mendampingi Timnas Indonesia U-20 melakukan pemusatan latihan di Turki dan Spanyol, memiliki pilihan pemain-pemain yang melimpah.

Mulai dari para pemain senior berpengalaman yang terakhir kali dipanggilnya saat laga Timnas Indonesia melawan Curacao, serta para pemain muda yang cemerlang sejak di tim U-20, semua bisa mendapatkan kesempatan untuk tampil di Piala AFF 2022.

2 dari 5 halaman

Makin Banyak Pemain Naturalisasi

Belum lagi keberadaan pemain naturalisasi yang diharapkan bisa memperkuat Timnas Indonesia. Selain Marc Klok dan Elkan Baggott, masih ada Jordi Amat dan Sandy Walsh yang saat ini masih menunggu Keputusan Presiden (Keppres) dan pengambilan sumpah.

Kedua nama terakhir yang masih akan menjalani sumpah untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) diyakini akan menyelesaikan proses naturalisasi sebelum Piala AFF 2022 berlangsung.

Lalu bagaimana prakiraan komposisiĀ Timnas IndonesiaĀ asuhan Shin Tae-yong di Piala AFF 2022. Bola.com membuat dua kemungkinan yang bisa diambil pelatih asal Korea Selatan itu dalam membentuk tim dengan begitu banyak pemain yang bisa diandalkan.

3 dari 5 halaman

Tim A

Untuk tim pertama, yang kita sebut saja sebagai tim A dengan formasi 4-2-3-1, Nadeo Argawinata akan menjadi pilihan utama untuk berdiri di bawah mistar gawang Timnas Indonesia.

Gawang yang dikawal Nadeo itu akan dikawal dua bek tengah, di mana Fachruddin Aryanto potensial untuk diduetkan bersama Jordi Amat yang tampaknya bisa menjadi duo benteng kukuh di lini pertahanan.

Sementara di sisi sayap pertahan, Sandy Walsh juga layak untuk segera mendapatkan kepercayaan dari Shin Tae-yong. Kemudian di sisi sebaliknya, Pratam Arhan masih akan tetap menjadi andalan meski minim menit bermain di klubnya, Tokyo Verdy.

Beralih ke tengah lapangan, akan ada Marc Klok dan Rachmat Irianto yang begitu dipercaya oleh Shin Tae-yong menjadi pekerja keras di lini tengah. Sementara di depannya akan ada Witan Sulaeman yang hingga kini sudah 20 kali membela Tim Garuda dengan catatan 6 gol.

Sementara di dua sisi sayap penyerangan, akan ada Saddil Ramdani, yang tengah cemerlang bersama klub Malaysia, Sabah, dan Egy Maulana Vikri di sisi kanan. Keduanya memiliki kecepatan yang diyakini bisa membuat kerepotan pertahanan lawan.

Untuk posisi ujung tombak tim ini, Dimas Drajad yang tampil cemerlang dalam dua laga uji coba terakhir melawan Curacao tampaknya bakal jadi yang paling potensial untuk dimainkan oleh Shin Tae-yong.

4 dari 5 halaman

Tim B

Sementara untuk tim B, belakangan ini Shin Tae-yong juga kerap memainkan formasi dengan tiga pemain bertahan. Untuk itu, Bola.com mencoba membuat komposisi dengan memainkan formasi 3-4-3.

Untuk memainkan formasi ini, tiga pemain bertahan dengan usia muda akan menjadi andalan Shin Tae-yong. Muhammad Ferrari, Rizky Ridho, dan Elkan Baggott bisa menjadi andalan untuk tim ini dan membantu Nadeo yang juga layak untuk berada di tim ini mengawal gawang Timnas Indonesia.

Ketiganya memiliki postur yang ideal untuk bertarung di udara, insting baik dalam memotong pergerakan lawan di kotak penalti, dan kemampuan untuk membantu serangan.

Sementara untuk empat pemain di lini tengah, Marselino Ferdinan yang belakangan tampil cemerlang bersama Timnas Indonesia U-20 akan menjadi partner yang ideal untuk Ricky Kambuaya.

Keduanya akan menjadi pusat permainan dibantu Asnawi Mangkualam dan Edo Febriansyah yang menjadi gelandang sayap, di mana keduanya memiliki kemampuan untuk maju dan mundur dengan cepat.

Sementara di tiga posisi serangan, Yakob Sayuri dan Dendy Sulityawan akan menjadi dua pemain cepat yang bergerak di sisi sayap. Untuk posisi ujung tombak, tampaknya Dimas Drajad juga layak untuk tetap mendapatkan kepercayaan dari Shin Tae-yong ketimbang striker lain.

5 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

23 Desember 2022

26 Desember 2022

  • Brunei Darussalam vs Timnas Indonesia

29 Desember 2022

  • Timnas Indonesia vs Thailand

2 Januari 2023

  • Filipina vs Timnas Indonesia

Video Populer

Foto Populer