Sukses


Reaksi Netizen Setelah Shin Tae-yong Marah ke Pemain Timnas Indonesia U-20: Gas Terus Coach, Hajar Lagi!

Bola.com, Jakarta - Mayoritas netizen mendukung tindakan pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, yang memarahi para pemainnya dalam pemusatan latihan di Turki.

YouTube PSSI TV mengunggah video berjudul 'Timnas Indonesia U-20 Siap Tempir Kontra Antalyaspor di Turki Nanti Malam' pada Selasa (8/11/2022).

Shin Tae-yong tengah menggenjot Marselino Ferdinan dkk. dengan latihan passing dalam pemusatan latihan di Turki.

Tiba-tiba, video latihan Timnas Indonesia U-20 itu merekam momen Shin Tae-yong yang kesal sambil mengajari para pemain mengoper bola.

2 dari 6 halaman

Respons Netizen

"Gas terus coach Shin Tae-yong. Hajar lagi para Timnas Indonesia U-20," ujar netizen bernama Ibnu Alvarisy dalam kolom komentar YouTube PSSI TV.

"Shin Tae-yong memang berlatih berkelas dan berwibawa bertanggung jawab. Semoga Shin Tae-yong tetap menangani Timnas Indonesia seterusnya," imbuh tb am.

"Pelatih keras dan disiplin. Wajar kalau Korea Selatan sepak bolanya makin maju. Bisa disejajarkan dengan Eropa," kata Andi Atmajaya.

3 dari 6 halaman

Komentar Warganet Lainnya

"Memarahi pemain ketika terlihat ada kekurangan pada saat latihan itu adalah kewajiban coach. Memperbaiki diri secara maksimal dan serius adalah kewajiban pemain," ujar akun yx-L.

"Merasa tinggi hati seolah menjadi bintang adalah tabu yang tidak dapat ditolerir. Memberikan 100 persen saat laga akan selalu diapresiasi oleh pendukung Timnas Indonesia, apapun hasilnya," masih dari akun yx-L.

"Omelin saja coach. Mentalnya masih mental odol. Tidak keluar kalau tidak dipencet. Biar kuat mental," tulis SingSales.

4 dari 6 halaman

Ngomel-Ngomel

Shin Tae-yong meminta personel Timnas Indonesia U-20 untuk lebih bekerja keras hingga aktif meminta bola dalam latihan.

"Sampai diberikan bola, kalian menunggu saja begitu?" ujar Shin Tae-yong bertanya yang diterjemahkan oleh Jeong Seok-seo.

"Kalian yang ambil bola. Malas-malasan semua. Coba lagi," tutur arsitek berusia 53 tahun tersebut.

5 dari 6 halaman

Shin Tae-yong Kerap Kecewa

Kekecewaan Shin Tae-yong terhadap pemain Timnas Indonesia U-20 bukan kali ini saja terjadi. Pelatih asal Korea Selatan itu juga sempat menyemprot Barnabas Sobor.

Peristiwa itu terjadi ketika Timnas Indonesia U-20 diimbangi Moldova U-20 tanpa gol dalam uji coba di Turki pada 4 November 2022.

Pada jeda babak pertama, Shin Tae-yong berbicara di depan para pemain Timnas Indonesia U-20. Pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu terlihat tidak puas dengan performa dan attitude Barnabas Sobor.

6 dari 6 halaman

Semprot Barnabas Sobor

Shin Tae-yong menunjuk Barnabas Sobor sebagai kapten Timnas Indonesia U-20 ketika melawan Moldova U-20 karena kapten utama, Muhammad Ferarri dan Marselino Ferdinan selaku co-captain tidak bermain sebagai starter.

"Kalau pakai ban kapten, kenapa? Kelihatan seperti bintang begitu?" ujar Shin Tae-yong menyemprot Barnabas Sobor.

Shin Tae-yong lalu bertanya kepada Barnabas Sobor terkait penampilannya di babak pertama. "Kamu coba berbicara, ngapain saja di babak pertama?" imbuh Shin Tae-yong.

Kamera lalu mengarah ke Barnabas Sobor yang terlihat menyimak omongan Shin Tae-yong dengan serius. "Siap, nanti diperbaiki lagi," tutur Barnabas Sobor.

Video Populer

Foto Populer