Sukses


PSSI Siapkan 2 Stadion untuk Jadi Markas Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Bola.com, Jakarta - PSSI sudah menyiapkan dua opsi kandang Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyebut pihaknya mempertimbangkan penggunaan Jakarta International Stadium dan Stadion Pakansari.

Kedua opsi tersebut disiapkan bila keinginan Timnas Indonesia bermain di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK) saat Piala AFF 2022 tidak bisa terealisasi. Seperti diketahui, SUGBK saat ini sedang dalam tahap renovasi jelang Piala Dunia U-20 2023.

Mochamad Iriawan menegaskan SUGBK tetap menjadi prioritas kandang Timnas Indonesia di Piala AFF. Kabarnya, proses renovasi rumput lapangan akan selesai dan siap dipakai pada Desember 2022.

"Kami ajukan dua tempat, yakni Pakansari sama JIS. Perkembangan terakhir SUGBK, Desember bisa dipakai. Kalau bisa di GBK, ya GBK. Kalau tidak ya JIS. Kalau itu tidak bisa juga, ya Pakansari," kata Mochamad Iriawan.

2 dari 5 halaman

Koordinasi dengan Menpora

Timnas Indonesia harus terusir dari SUGBK karena sudah harus disterilisasi jelang Piala Dunia U-20 2023. Menpora Zainudin Amali sebelumnya sempat menyatakan SUGBK dan stadion-stadion terpilih tidak lagi menyelenggarakan agenda sepak bola dan lainnya.

Mochamad Iriawan menyebut, pihaknya akan berkoordinasi dengan Menpora terkait rencana penggunakan SUGBK untuk Piala AFF 2022. Bila gagal, maka mereka akan memilih opsi-opsi yang ada.

"Nanti kami akan komunikasikan bisa atau tidaknya. Kalau tidak, bisa kami cari lagi," tegas pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

3 dari 5 halaman

Senasib dengan Malaysia

Masalah pemilihan kandang tak hanya dihadapi oleh Timnas Indonesia. Saat ini, Timnas Malaysia juga sedang harap-harap cemas karena ingin bermain di Stadion Bukit Jalil.

Penyebabnya adalah stadion tersebut berpotensi rusak karena lebih dulu akan menggelar konser musik dari penyanyi Singapura, JJ Lin. Kegiatan itu dilakukan pada Minggu (18/12/2022) atau sepekan sebelum laga kandang perdana Timnas Malaysia.

Saat konser nanti, permukaan rumput di Stadion Bukit Jalil akan ditutup. Situasi inilah yang berpotensi membuat rumput lapangan dari stadion kebanggaan Timnas Malaysia itu rusak jelang Piala AFF 2022.

4 dari 5 halaman

Thailand juga Pusing

Kekhawatiran Timnas Malaysia sebelumnya pernah dirasakan oleh Timnas Thailand. Stadion Rajamangala yang akan menjadi markas di Piala AFF 2022 juga lebih dulu bakal menggelar konser musik.

Stadion Rajamangala, Bangkok, akan menggelar dua konser akbar, yakni Justin Bieber pada 6 November dan Maroon 5 pada 10 Desember 2022. Adapun Piala AFF 2022 akan bergulir pada 20 Desember mendatang.

"Peluang Timnas Thailand bermain di Stadion Nasional Rajamangala pada pertandingan pertama akan sangat sulit direalisasikan. Stadion sudah melalui event yang lebih besar sehingga butuh waktu untuk pulih," kata Sekretaris Jenderal FAT, Patit Suphahong, beberapa waktu lalu.

5 dari 5 halaman

Hasil Undian Piala AFF 2022

Video Populer

Foto Populer