Sukses


Bernardo Tavares Enggan PSM Pasang Target Juara Liga 1: Jadi Beban untuk Pemain

Bola.com, Makassar - Liga 1 2022/2023 terhenti saat sisa musim masih begitu panjang. Namun, sejumlah kontestan sudah digadang-gadang sebagai kandidat juara dari hasil 10 hingga 11 pertandingan pertama pada musim ini, satu di antaranya adalah PSM Makassar.

Alasan PSM Makassar masuk hitungan sebagai kandidat juara adalah performa konsisten hingga pekan ke-10, di mana mereka selalu bisa mendapatkan poin, alias tidak terkalahkan.

PSM Makassar memang menjadi satu-satunya tim yang belum tersentuh kekalahan dalam 10 pertandingan yang sudah mereka jalani di Liga 1 2022/2023. Enam kemenangan mereka raih dalam 10 pertandingan, di mana empat lainnya berakhir imbang.

Bahkan dari enam kemenangan itu, dua di antaranya berhasil diraih ketika tim berjulukan Juku Eja itu menjalani laga tandang. Hal itu membuat PSM Makassar pun digadang-gadang bisa menjadi juara pada akhir musim ini.

 

 

2 dari 5 halaman

Enggan Berikan Tekanan yang Tidak Perlu

Namun, pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, enggan menganggap tim asuhannya sebagai kandidat juara saat laga baru berjalan 10 pertandingan saja, karena itu hanya akan memberikan tekanan yang tidak perlu kepada para pemainnya.

"Seharusnya tekanan yang diberkan kepada pemain adalah kerja keras untuk menang dalam setiap pertandingan. Bekerja keras untuk setiap pertandingan terdekat, bekerja keras untuk mendapatkan poin. Jangan berikan tekanan juara kepada mereka," tegas Bernardo.

Kerja keras dalam setiap pertandingan adalah hal utama yang selalu diminta Bernardo Tavares kepada pemain PSM Makassar. Menurutnya, itu akan menentukan hasil pertandingan yang dijalani oleh timnya. Jika pun kalah, terpenting semua pemain sudah berusaha maksimal.

3 dari 5 halaman

Realistis

Pelatih asal Portugal itu juga berusaha realistis soal target PSM Makassar di Liga 1 2022/2023. Apalagi jika melihat performa Wiljan Pluim dkk. pada musim lalu, di mana PSM berusaha sekuat tenaga lepas dari jerat degradasi.

Hal tersebut bak anomali bagi PSM yang dalam beberapa musim sebelumnya selalu bisa finis di papan atas klasemen Liga 1. Belum lagi faktor non-teknis seperti kepemimpinan wasit yang kerap menjadi perdebatan dan dikeluhkan oleh Bernardo Tavares.

"Kami juga harus realistis melihat pemain mana yang perlu masuk PSM dan pemain yang harus dilepas. Membandingkan kualitas mereka. Jadi mulai sekarang jangan bebani pemain dengan target juara," tegasnya.

 

4 dari 5 halaman

Pertandingan demi Pertandingan

Dari kerja keras yang dilakukan oleh para pemain PSM Makassar untuk bisa memenangi pertandingan demi pertandingan yang harus dihadapi, Bernardo Tavares baru akan berusaha untuk meyakinkan para pemainnya mengenai peluang mereka untuk menjadi juara pada akhir musim.

Namun, terpenting baginya saat ini adalah para pemain tidak mendapatkan tekanan untuk hasil akhir musim, melainkan tekanan untuk bisa bekerja keras dalam setiap pertandingan demi membuka peluang pada akhir musim itu bisa menjadi yang terbaik.

"Paling tidak, kalau pada akhirnya nanti dari pertandingan-pertandingan yang dijalani kami memiliki peluang juara, tentu kami tidak akan menampiknya. Sekarang, kami hanya berusaha percaya diri agar itu bisa terjadi," lanjutnya.

5 dari 5 halaman

Posisi PSM di Liga 1 Saat Ini

Video Populer

Foto Populer