Sukses


PT LIB: Ada 16 Stadion Layak Menggelar Liga 1

Bola.com, Jakarta - Komisaris utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Juni Rachman menyatakan bahwa ada sekitar 16 stadion di Indonesia yang layak menggelar Liga 1. Stadion-stadion itu disebut Juni sudah melalui rangkaian verifikasi setelah terjadinya tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Menariknya, Juni menyebut Jakarta International Stadium (JIS), yang sempat disebut tak layak untuk menggelar pertandingan Liga 1 oleh PSSI belum, masuk dalam deretan stadion tersebut.

Selain JIS, Juni Rachman juga menyebut beberapa stadion dari klub Liga 2. Termasuk Stadion Utama Riau yang terletak di Pekanbaru.

"Kurang lebih 16 stadion, termasuk Jakarta International Stadium (JIS), Indomilk Arena, juga Stadion Utama Riau," ujar Komisaris Utama LIB Juni Rachman di Jakarta, Selasa (15/11/2022) malam.

2 dari 3 halaman

Sesuai Standar

Menurut Juni, JIS dan Stadion Utama Riau memiliki fasilitas yang sesuai dengan standar. Hanya saja, beberapa dari stadion-stadion tersebut masih jarang digunakan untuk pertandingan seperti JIS.

"Lalu untuk Stadion Utama Riau, di sana pernah digelar Kualifikasi Piala Asia U-22 pada 2013. Sudah digunakan juga oleh PSPS di Liga 2," tutur Juni.

Sementara di luar yang sudah disebutkan di atas, stadion lain yang dianggap layak oleh LIB adalah enam stadion Piala Dunia U-20 2023.

Keenam stadion tersebut antara lain Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jakabaring di (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta di (Gianyar, Bali).

Ada pula Stadion Batakan yang terletak di Balikpapan. Kemudian Stadion Jatidiri di Semarang yang baru pada tahun ini selesai dilakukan proses renovasi.

3 dari 3 halaman

Bisa Kandang dan Tandang

Lebih lanjut, Juni menjelaskan, keberadaan stadion-stadion tersebut cukup untuk menggelar lanjutan Liga 1 Indonesia 2022/2023 dengan format kandang dan tandang.

"Kalau memang home and away, pasti nanti akan ada verifikasi stadion lainnya," jelas Juni.

Namun, sampai saat ini PT LIB juga masih belum bisa memberikan kepastian terkait kapan Liga 1 bisa bergulir kembali. Semua tergantung adanya izin dari pemangku kebijakan terkait.

Liga 1 2022/2023 sudah hiatus sejak awal Oktober lalu atau setelah terjadinya Tragedi Kanjuruhan di Kabupaten Malang, Jawa Timur pada 1 Oktober 2022.

Video Populer

Foto Populer