Sukses


Liga 1: Rasiman Bersyukur Persis Solo dapat Pengalaman dari 2 Kali Uji Coba Internasional

Bola.com, Jakarta - Persis Solo akhirnya merampungkan training center (TC) atau pemusatan latihan di Malaysia. Rombongan skuad berjuluk Laskar Sambernyawa itu telah tiba di Tanah Air pada Jumat (18/11/2022).

Sebelumnya, Persis Solo melakoni pemusatan latihan di Johor Bahru, Malaysia selama sepekan lebih. Terhitung sejak 9 November dan berakhir pada 18 November. Di sana, mereka menjalani dua laga uji coba melawan tim Malaysia dan Singapura.

Di laga uji coba pertama, Persis Solo bertemu Johor Darul Ta'zim (JDT) pada 12 November lalu. Pertandingan yang berlangsung di Stadion Sultan Ibrahim, Johor itu berakhir imbang 1-1.

Laga selanjutnya, Persis Solo ditantang klub Singapura Tanjong Pagar United FC. Pada laga ini skuad berjulukan Laskar Sambernyawa menang telak dengan skor 5-2 di Stadion Larkin, Johor, Malaysia, pada Rabu (16/11/2022) malam.

2 dari 5 halaman

Bermanfaat

Asisten pelatih Persis Solo Rasiman mengaku bersyukur timnya bisa mendapat kesempatan menjalani dua uji coba internasional. Mengingat sudah sebulan lebih kompetisi Liga 1 2022/2023 terhenti akibat Tragedi Stadion Kanjuruhan, Malang 1 Oktober lalu.

"Pemusatan latihan di Malaysia sangat bermanfaat buat kami tim pelatih menganalisis situasi. Tinggal nanti kita adaptasi kembali dengan situasi di sana," ujar Rasiman.

"Liga kita pasti akan sangat banyak bermain di midweek dan itu akan menguras energi dengan traveling dan jumlah match kompetitif. Juga akan main siang hari sehingga training camp di Malaysia sangat bagus," sambungnya.

3 dari 5 halaman

Sering Beruji Coba

Selama jeda kompetisi, Persis Solo barangkali jadi satu-satunya tim yang paling produktif dalam hal uji coba. Total mereka sudah melakoni sebanyak 12 uji coba sejauh ini.

Tidak hanya beruji tanding melawan tim selevel maupun tim-tim lokal Solo, mereka juga sempat bertandang ke Jawa Timur untuk menghadapi kontestan Liga 2 Gresik United dan Persekabpas Pasuruan.

Jika kompetisi masih belum jelas kapan akan bergulir, agenda uji coba kemungkinan akan terus berlanjut. Program uji coba sejatinya memang sudah dipersiapkan tim pelatih Persis Solo sejak kompetisi mandek. Menurut Rasiman uji coba bagus untuk menjaga atmosfer pertandingan para pemain.

4 dari 5 halaman

Progres Meningkat

Pelatih berlisensi A AFC itu menilai progres pemain terus meningkat selama menjalani TC di Negeri Jiran. Dia juga memuji penampilan Irfan Bachdim dkk kala membekuk Tanjong Pagar United FC.

"Di laga kedua kami bisa buktikan lini serang kita bagus, kami banyak pemain pengalaman ada Fernando, Ferdinand, Samsul, Bachdim plus tenaga muda Jauhari saya yakin kami akan menjadi sesuatu dengan tim ini," ucap pelatih berusia 47 tahun itu.

"Pemain senior improving the condition fisiknya. Saya rasa kalau mereka kembali normal kondisi fisiknya mereka bisa lebih baik lagi karena mereka top player," pungkasnya. (Ana Dewi)

5 dari 5 halaman

Lihat Posisi Persis Solo di Musim Ini

Video Populer

Foto Populer