Sukses


Ilham Jaya Kesuma Ungkap Kepingan Puzzle Terakhir yang Bisa Buat Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2022

Bola.com, Jakarta - Ilham Jaya Kesuma mengungkapkan kepingan puzzle terakhir yang bisa membuat Timnas Indonesia menjadi juara Piala AFF 2022 yang digelar pada 20 Desember 2022-16 Januari 2023.

Bersama Budi Sudarsono, Ilham menjadi bintang tamu ketika trofi bergilir Piala AFF 2022 mampir ke Lippo Mall Puri, Jakarta Barat, Sabtu (26/11/2022).

Ilham dua kali membela Timnas Indonesia di Piala AFF pada 2004 dan 2007. Dalam edisi pertamanya, legenda Persita Tangerang itu mampu keluar sebagai top scorer dengan tujuh gol.

Sepanjang sejarahnya, Timnas Indonesia belum pernah berdiri di podium tertinggi Piala AFF. Tim berjulukan Skuad Garuda itu enam kali menjadi runner-up pada 2000, 2002, 2004, 2010, 2016, dan 2020.

2 dari 5 halaman

Mental

Ilham menyinggung perkara mental yang selama ini kerap menghantui para pemain Timnas Indonesia, apalagi ketika berhadapan dengan negara kuat seperti Thailand dan Vietnam di Piala AFF.

"Kita mesti mempersiapkannya secara matang dan yang paling terpenting, kuncinya itu mental," ujar Ilham.

"Ketika bertemu Thailand dan Vietnam, bagaimana pemain kita bisa memperkuat mental," tutur asisten pelatih Persita itu.

3 dari 5 halaman

Keyakinan Ilham Jaya Kesuma

Timnas Indonesia tergabung di Grup A Piala AFF 2022 bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam. Dua tim teratas berhak lolos ke babak semifinal.

Ilham yakin dengan mental kuat, Witan Sulaeman dkk. bisa membuat sejarah dengan menjuarai Piala AFF untuk pertama kalinya pada edisi 2022.

"Di babak penyisihan, kita bisa menang dengan skor besar menghadapi lawan yang sama. Namun ketika bertemu di babak gugur, tinggal mental saja ditingkatkan," imbuh Ilham.

4 dari 5 halaman

Persiapan Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong telah memanggil 28 pemain untuk pemusatan latihan di Bali dan Jakarta sebagai persiapan Piala AFF 2022.

Arsitek asal Korea Selatan itu masih memercayai para pemain muda semisal Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan, hingga Elkan Baggott.

Shin Tae-yong juga menyertakan dua pemain yang baru saja dinaturalisasi, Sandy Walsh dan Jordi Amat menuju Piala AFF 2022.

5 dari 5 halaman

28 Pemain Timnas Indonesia

Kiper: Nadeo Argawinata, Muhammad Riyandi, Syahrul Trisna,

Bek: Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Jordi Amat, Sandy Walsh, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Muhammad Ferarri, Pratama Arhan, Hansamu Yama, Andy Setyo, Edo Febriansyah

Gelandang: Marc Klok, Syahrian Abimanyu, Marselino Ferdinan, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Dzaky Asraf, Yakob Sayuri, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani

Penyerang: Dimas Drajad, Muhammad Rafli, Dendy Sulistyawan, Ramadhan Sananta

Video Populer

Foto Populer