Sukses


Budi Sudarsono: Pemain Naturalisasi Bisa Bantu Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2022, Yang Lokal Tetap Aman Kok

Bola.com, Jakarta - Legenda Timnas Indonesia, Budi Sudarsono berpendapat bahwa keberadaan pemain naturalisasi dapat membantu tim berjulukan Skuad Garuda itu menjuarai Piala AFF 2022.

Naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat baru saja tuntas. Keduanya juga dipanggil ke Timnas Indonesia untuk persiapan Piala AFF 2022 di Bali dan Jakarta.

Bersama Ilham Jaya Kesuma, Budi Sudarsono menjadi bintang tamu ketika trofi bergilir Piala AFF mampir ke Lippo Mall Puri, Jakarta Barat, Sabtu (26/11/2022).

"Mudah-mudaha naturalisasi membantu Timnas Indonesia. Kita doakan saja," ujar mantan penyerang yang dijuluki Ular Piton tersebut.

2 dari 5 halaman

Keyakinan Budi Sudarsono

Timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama Thailand, Filipina, dan Kamboja di Piala AFF 2022 yang digelar pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023.

"Saya percaya mau siapa pun yang bermain, enggak ada masalah buat saya. Yang penting ada prestasinya," tutur Budi.

"Saya berharap, dulu Timnas Indonesia tidak pernah juara, mudah-mudahan dengan adanya pemain naturalisasi, bisa menjadi juara," imbuhnya.

3 dari 5 halaman

Bukan Ancaman

Budi menganggap bahwa kehadiran pemain naturalisasi bukan menjadi ancaman, apalagi menyingkirkan pesepak bola lokal.

Terkini, tiga pemain naturalisasi mendapatkan panggilan ke Timnas Indonesia untuk persiapan Piala AFF 2022. Ketiganya adalah Marc Klok, Jordi Amat, dan Sandy Walsh.

"Enggak masalah. Ada tantangan untuk pemain lokal supata bisa berkembang. Kan pemain naturalisasi juga belum tentu terpilih," ucap pemilik 46 caps dan 16 gol untuk Timnas Indonesia itu.

4 dari 5 halaman

Pengundian Grup dan Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Grup A

1. Thailand

2. Filipina

3. Timnas Indonesia

4. Kamboja

5. Brunei Darussalam

23 Desember 2022

Timnas Indonesia Vs Kamboja

26 Desember 2022

Brunei Darussalam Vs Timnas Indonesia

29 Desember 2022

Timnas Indonesia Vs Thailand

2 Januari 2023

Filipina Vs Timnas Indonesia

5 dari 5 halaman

28 Pemain Timnas Indonesia Persiapan Piala AFF 2022

Kiper: Nadeo Argawinata, Muhammad Riyandi, Syahrul Trisna,

Bek: Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Jordi Amat, Sandy Walsh, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Muhammad Ferarri, Pratama Arhan, Hansamu Yama, Andy Setyo, Edo Febriansyah

Gelandang: Marc Klok, Syahrian Abimanyu, Marselino Ferdinan, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Dzaky Asraf, Yakob Sayuri, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani

Penyerang: Dimas Drajad, Muhammad Rafli, Dendy Sulistyawan, Ramadhan Sananta

Video Populer

Foto Populer