Sukses


Prediksi BRI Liga 1 Persebaya Vs Barito Putera: Tantangan Menang Tanpa Wonderkid

Bola.com, Sleman - Persebaya Surabaya akan meladeni Barito Putera pada laga pekan ke-12 BRI Liga 1, Selasa (6/12/2022) sore WIB. Duel diprediksi berjalan sengit, karena kedua tim butuh tiga poin untuk memperbaiki posisi di klasemen.

Persebaya sempat kurang konsisten pada awal musim ini. Alhasil, tim yang dijuluki Bajul Ijo tersebut kini berada di urutan ke-11 klasemen sementara BRI Liga 1 dengan nilai 13.

Di sisi lain, Barito Putera lebih parah. Tim yang dijuluki Laskar Antasari tersebut menghuni posisi kedua dari bawah dengan hanya merengkuh lima poin, hasil dari sekali menang, dua imbang, dan menelan tujuh kekalahan.

Pertandingan kedua tim akan digelar di tempat netral, Stadion Maguwoharjo, Sleman. Pasalnya, kelanjutan Liga 1 dari pekan ke-12 sampai pekan ke-17 digelar dengan format bubble dan tanpa penonton.

Sehingga peluang kedua tim untuk meraih kemenangan sama-sama besar. Hanya saja ada satu tantangan bagi Persebaya, yakni tidak bisa menurunkan wonderkid sekaligus jendral lapangan tengah, Merselino Ferdinan.

Pemain berusia 18 tahun itu absen membela Persebaya Surabaya lantaran harus memenuhi panggilan Timnas Indonesia untuk pemusatan latihan di Bali. Padahal perannya sangat sentral.

 

2 dari 7 halaman

Tetap Garang

Ketika Marselino di lapangan, permainan Tim Bajul Ijo lebih menggigit. Termasuk pada laga sebelumnya melawan Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

Waktu itu, Persebaya Surabaya menang 3-2 atas Arema. Jadi, pelatih Persebaya, Aji Santoso, punya tantangan bisa membuat timnya tetap garang meski tidak turun dengan skuad lengkap.

"Kami selalu tekankan tidak tergantung pada satu dua pemain. Karena Persebaya bermain dengan kolektifitas tim," jelasnya.

Namun, tidak dipungkiri jika performa Persebaya kurang konsisten pada awal musim karena mereka jarang tampil dengan skuad lengkap. "Persebaya baru main full team saat melawan Arema," lanjutnya.

 

3 dari 7 halaman

Sudah Diantisipasi

Meski demikian, Aji sudah mengantisipasi absennya Marselino saat melawan Barito Putera. Oleh karena itu, dia mempersiapkan gelandang muda lain, Andre Oktaviansyah.

Pemain berusia 20 tahun itu akan dipersiapkan turun sejak menit awal. Dia coba dipadukan dengan gelandang asing, Higor Vidal.

"Kami sudah sangat siap menghadapi Barito Putera. Mudah-mudahan pertandingan ini kondisi pemain bagus. Sehingga bisa menampilkan ciri khas Persebaya dan dinikmati," sambung pelatih asal Malang itu.

 

4 dari 7 halaman

Pelatih Anyar Bawa Dampak Positif

Sementara itu, di kubu Barito Putera, keberadaan pelatih Rodney Borges Goncalves mulai membawa perubahan positif. Pada laga sebelumnya, Barito berhasil meraih satu poin di kandang Persik Kediri.

Padahal waktu itu, dia punya waktu hanya hitungan hari setelah resmi ditunjuk sebagai pengganti Dejan Antonic. Kini, pelatih asal Brasil itu, punya waktu lebih lama beradaptasi dengan Barito Putera ketika kompetisi terhenti akibat Tragedi Kanjuruhan.

"Sejak kompetisi dihentikan, kami selalu berlatih. Hanya istirahat seminggu ketika pertengahan Oktober," jelasnya.

 

5 dari 7 halaman

Bangkitkan Gairah Pemain

Namun, ada satu hal yang jadi pekerjaan rumah Rodney, yakni membangkitkan kembali gairah pemainnya. Sebab, mereka sempat merasakan dilema saat tidak ada kejelasan kompetisi.

"Kenyataannya, Liga 1 sudah kehilangan gairah karena terlalu lama terhenti," ucap Rodney.

Meski demikian, Barito Putera tentu tidak akan menyerahkan kemenangan begitu saja kepada Persebaya. Mereka termasuk tim yang konsisten berlatih ketika klub lain memilih meliburkan pemainnya. Jadi secara kondisi, Tim Laskar Antasari siap tempur.

 

6 dari 7 halaman

Perkiraan Susunan Pemain

Barito Putera (4-3-3): Aditya Harlan (kiper); M. Firly, Doni Monim, Renan Alves, Frank Sokoy (belakang); Bayu Pradana, Mike Ott, Luthfi Kamal (tengah); Rafinha, Rafael Silva, Rizky Pora (depan).

Pelatih: Rodney Goncalves

Persebaya Surabaya (4-2-1-3): Satria Tama (kiper); Koko Ari, Dandi Maulana, Leo Lelis, Alta Ballah (belakang); Alwi Slamat, Andre Oktaviansyah; Higor Vidal (tengah); Yamamoto, Silvio, Ahmad Nufiandani (depan).

Pelatih: Aji Santoso

 

7 dari 7 halaman

Jadwal pertandingan:

Selasa, 6 Desember 2022

Persebaya Surabaya Vs Barito Putera

  • Stadion Maguwoharjo, Sleman
  • Kick-off: pukul 15.30 WIB
  • Siaran langsung: Indosiar
  • Live streaming: Vidio

Video Populer

Foto Populer