Sukses


Kritik Thomas Doll untuk Sistem Bubble di BRI Liga 1 2022 / 2023

Bola.com, Jakarta - BRI Liga 1 2022/2023 sempat terhenti dua bulan lebih. Liga level tertinggi di Indonesia itu akhirnya bisa dimulai kembali sejak Senin (5/12/2022).

Ada beberapa perubahan yang harus diterapkan pada sisa putaran pertama BRI Liga 1 2022/2023. Misalnya penggunaan sistem bubble.

Di mana semua pertandingan dipusatkan di tempat netreal, dalam hal ini di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Suporter pun tidak boleh hadir langsung ke stadion.

Sistem bubble ini pernah diterapkan di BRI Liga 1 2021/2022. Saat itu, kasus penularan COVID-19 di Tanah Air memang sedang tinggi.

2 dari 5 halaman

Kritik Doll

Namun, penggunaan sistem bubble itu mendapatkan kritik dari beberapa pihak. Misalnya dari pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll.

Pelatih asal Jerman itu mengaggap penerapan sistem bubble itu kurang adil, karena pertandingan dilaksanakan di tempat netral. Padahal sebenarnya, satu di antara tim yang bertanding meupakan tim tuan rumah.

"Kami sudah bermain enam laga tandang dan empat laga kandang, sekarang kami bermain di tempat yang netral," ucap Thomas Doll dalam keterangan resmi Persija Jakarta, Selasa (6/12/2022).

"Begitu juga dengan tim lain, mungkin mereka sudah bermain enam laga kandang dan empat laga tandang," sambungnya.

3 dari 5 halaman

Harus Lebih Baik

Lebih lanjut eks pelatih Borussia Dortmund itu merasa, pihak terkait dalam hal ini PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) seharusnya bisa lebih baik dalam menjalankan kompetisi.

"Banyak hal kecil yang seharusnya bisa dilakukan mereka (PSSI dan PT LIB) dengan lebih baik," tandas Doll.

BRI Liga 1 2022/2023 sempat terhenti sejak awal Oktober 2022. Tragedi Kanjuruhan menjadi penyebabnya. Sejauh ini kasus tersebut masih bergulir. Beberapa tersangka sudah ditetapkan.

4 dari 5 halaman

Mengintip Papan Atas

Saat ini, Persija Jakarta menduduki posisi keenam klasemen sementara BRI Liga 1 2022/2023. Ryuji Utomo dkk. mengumpulkan 21 poin dari 10 laga.

Tim Macan Kemayoran mengintip posisi papan atas klasemen. Mereka tertinggal empat poin saja dari PSM Makassar yang berada di puncak klasemen BRI Liga 1.

Kesempatan Persija untuk merangsek ke papan atas cukup besar. Terutama jika mereka mengalahkan Borneo FC Samarinda pada Selasa (6/12/2022) malam WIB.

5 dari 5 halaman

Simak Posisi Klub Favorit Kamu di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer