Sukses


2 Bomber Senior yang Masih Layak Bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022: Tajam dan Berpengalaman

Bola.com, Jakarta - Sebanyak 28 pemain tengah mengikuti pemusatan latihan atau training center (TC) Timnas Indonesia di Bali jelang Piala AFF 2022. Dari jumlah tersebut, lima di antaranya berposisi sebagai penyerang.

Mereka adalah Muhammad Rafli, Dendy Sulistyawan, Saddil Ramdani, Ramadhan Sananta, dan Ilija Spasojevic. Nama terakhir dipanggil untuk menggantikan striker Persikabo 1973, Dimas Drajad, yang mengalami cedera.

Daftar pemain Timnas Indonesia diisi kombinasi pesepak bola muda dan senior, plus beberapa pemain naturalisasi. Seperti diketahui, arsitek Tim Garuda, Shin Tae-yong, selama ini dikenal sebagai pelatih yang suka mengandalkan pemain muda dalam skuadnya.

Sejak menangani Timnas Indonesia pada 2020, pelatih asal Korea Selatan itu banyak membawa perubahan, mulai dari timnas senior hingga kelompok usia. Shin Tae-yong juga benar-benar selektif dalam urusan pemilihan pemain.

Dia tidak segan menyingkirkan pemain-pemain lama yang notabene berpengalaman. Termasuk dalam skuad Piala AFF 2022.

Shin Tae-yong masih belum memberikan kesempatan bagi sejumlah pemain senior berpengalaman. Padahal jasa mereka masih sangat layak untuk dicoba di Timnas Indonesia, termasuk di lini depan. Siapa saja? 

 

2 dari 4 halaman

Beto Goncalves (Madura United)

Usianya memang tak lagi muda. Tahun ini Beto sudah berusia 41 tahun. Namun, secara kualitas dia masih cukup tajam di depan gawang lawan.

Musim lalu, pemain naturalisasi asal Brasil itu menjadi top skorer Liga 2 2021 saat membela Persis Solo. Dia sukses menceploskan 11 gol dari 14 pertandingan.

Berkat penampilan apiknya itu, Beto Goncalves kembali ditarik Madura United untuk mengarungi putaran kedua Liga 1 2021/2022. Dari 15 laga, Beto mencetak tujuh gol.

Ini membuktikan Beto masih bisa bersaing di level tertinggi sepak bola Tanah Air. Selain itu, mantan pemain Sriwijaya FC itu memiliki rekam jejak apik bersama Tim Garuda.

Dia sempat menjadi andalan lini depan Timnas Indonesia di era Luis Milla. Ketika itu, Beto Goncalves tampil gemilang di Asian Games 2018 Indonesia. Dia sukses mendulang empat gol.

Meski usia sudah kepala empat, kondisi fisik Beto Goncalves juga masih cukup prima. Oleh karena itu pengalaman serta kemampuan Beto masih sangat layak untuk dijajal Shin Tae-yong memperkuat Tim Merah Putih di Piala AFF 2022.

 

3 dari 4 halaman

Samsul Arif Munif (Persis Solo)

Penyerang senior lainnya yang layak diberi kesempatan Shin Tae-yong adalah Samsul Arif. Tahun ini usianya menginjak 37 tahun. Dia tipikal pemain yang mengandalkan agresivitas dan kecepatan untuk mengacak-acak pertahanan lawan.

Di Liga 1 2021/2022, Samsul Arif jadi striker andalan Persebaya Surabaya. Dia tampil moncer sepanjang putaran kedua dengan mencetak total 11 gol. Sementara itu, musim ini bersama Persis Solo dia mengemas dua gol dari sembilan laga.

Pemain asal Bojonegoro itu pernah memperkuat Timnas Indonesia pada 2011 sampai 2014. Samsul Arif sudah mencatatkan 20 penampilan internasional bersama Tim Garuda sejauh ini.

Kali terakhir Samsul Arif berseragam Timnas Indonesia yakni pada pertandingan internasional melawan Suriah, 15 November 2014. Sayangnya, sejak saat itu mantan pemain Barito Putera tersebut tidak pernah lagi dipanggil untuk membela Tim Merah Putih.

4 dari 4 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia

Kiper: Nadeo Arga Winata, Muhammad Riyandi, Syahrul Trisna.

Belakang: Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Jordi Amat, Sandy Walsh, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Muhammad Ferarri, Pratama Arhan, Hansamu Yama, Andy Setyo, Edo Febriansyah.

Tengah: Marc Klok, Syahrian Abimanyu, Marselino Ferdinan, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Dzaky Asraf, Yakob Sayuri, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani.

Depan: Dimas Drajad, Muhammad Rafli, Dendy Sulistyawan, Ramadhan Sananta.

Video Populer

Foto Populer