Sukses


Liga 1: Pelatih Arema FC Kirim Kode untuk Shin Tae-yong, Siap Beri Bantuan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Bola.com, Yogyakarta - Pelatih Arema FC, Javier Roca, bakal mendukung penuh perjuangan timnas Indonesia untuk meraih hasil terbaik di Piala AFF 2022. Dia pun mengaku siap untuk melepaskan pemain tambahan jika nantinya dipanggil skuad Garuda.

Pernyataan itu disampaikan Javier Roca setelah Arema FC sukses memenangkan duel kontra Dewa United FC pada laga pekan ke-12 Liga 1 2022-2023 di Stadion Manahan, Solo, Rabu (7/12/2022).

Pada pertandingan itu, skuad Singo Edan sukses menang dengan skor 2-0. Dua gol Arema FC dicetak oleh eksekusi penalti Rizky Dwi Febrianto (28’) dan Evan Dimas (70’).

Javier Roca mengatakan, tim nasional merupakan muara sepak bola Indonesia. Artinya, kepentingan timnas Indonesia harus didahulukan dari kepentingan apa pun.

“Bagi saya pribadi, dari dulu saya sudah memiliki keyakinan bahwa tidak ada yang lebih besar daripada tim nasional. Tidak ada yang lebih penting ketimbang timnas,” ujar Javier Roca dalam sesi konferensi pers pascapertandingan, Rabu (7/12/2022).

 

2 dari 5 halaman

Siap Lepas Pemain untuk Timnas Indonesia

Juru taktik berusia 45 tahun itu menerangkan, pihaknya bakal membuka pintu sebesar-besarnya apabila ada pemain Arema FC yang akan kembali dipanggil skuad Garuda untuk Piala AFF 2022.

Pasalnya, pelatih asal Chile itu meyakini bahwa timnas Indonesia memiliki hak untuk memanggil nama-nama pemain yang dibutuhkan.

“Menurut saya, sebagai pelatih yang bertanggung jawab terhadap pemain, silakan (panggil pemain kami). Timnas berhak untuk memanggil siapa saja pemain yang dibutuhkan,” ujarnya.

 

3 dari 5 halaman

Demi Nama Bangsa dan Negara

Roca juga meyakini bahwa tim nasional adalah kendaraan yang paling tepat bagi seorang pesepak bola untuk mengharumkan nama bangsa dan negaranya.

Oleh karena itu, eks-pelatih Persik Kediri ini akan mengizinkan pemainnya yang lain untuk memenuhi panggilan timnas seandainya ada pemain tambahan yang dibutuhkan Shin Tae-yong.

“Mereka juga bisa merasa bangga dan antusias jika harus mewakili negara di ajang internasional, Piala AFF, atau kejuaraan lainnya,” ucapnya.

“Jadi, Arema FC, termasuk saya, akan sangat memprioritaskan tim nasional demi bisa membantu mereka meraih hasil yang terbaik,” ia menambahkan.

 

4 dari 5 halaman

Maksimalkan Pemain yang Ada

Menurut Javier Roca, skuad Singo Edan bisa saja mencari pemain pengganti jika ada pilar pentingnya yang dipanggil timnas Indonesia.

Misalnya, ketika kehilangan Muhammad Rafli sebagai satu-satunya pemain Arema FC di skuad Garuda, ia memilih untuk memberikan kesempatan bagi pemain lain.

“Jadi, apabila sekarang tidak ada Rafli, kami akan memaksimalkan pemain ada. Kalau nanti tidak ada Dedik (Setiawan) atau yang lain, kami tidak ada masalah,” katanya.

Pemain yang Pernah Dipanggil Shin Tae-yong

Di skuad Arema FC saat ini, sebetulnya masih ada banyak pemain yang pernah mendapatkan panggilan dari Shin Tae-yong untuk memperkuat skuad Merah Putih.

Mereka adalah Rizky Dwi Febrianto, Evan Dimas, Adam Alis, Kushedya Hari Yudo, Hanis Saghara, hingga Dedik Setiawan.

5 dari 5 halaman

Posisi Arema FC di Liga 1

Video Populer

Foto Populer