Sukses


Termasuk Sergio Aguero, Timnas Malaysia Nekat Bawa 4 Pemain Naturalisasi Minim Jam Terbang ke Piala AFF 2022

Bola.com, Yogyakarta - Malaysia nekat membawa empat pemain naturalisasi yang tak punya jam terbang di level tim nasional, termasuk Sergio Aguero, ke Piala AFF 2022. Namun demikian, optimisme tinggi tetap diusung oleh satu di antara pemain naturalisasi, Darren Lok.

Darren Lok menyadari, daftar nama pemain yang dipanggil oleh pelatih Kim Pan-gon untuk menjalani pemusatan latihan (TC) timnas Malaysia ini adalah kombinasi yang terbaik.

Sebab, terlepas dari empat pemain naturasliasi minim jam terbang, ada beberapa nama pemain berpengalaman yang sudah sering memperkuat skuad Harimau Malaya di laga-laga internasional.

Menurut Darren Lok, pemain-pemain berpengalaman inilah yang bakal membantu pemain-pemain baru di Malaysia untuk memahami gaya permainan yang ingin diterapkan.

“Ada pemain yang datang lebih awal. Jadi, mereka punya cukup waktu untuk mempersiapkan diri. Tentu, kombinasi yang bagus antara wajah lama, wajah baru, dan pemain muda,” kata Darren Lok seperti dikutip dari Berita Harian.

 

2 dari 4 halaman

Butuh Waktu untuk Menyatu

Striker kelahiran Inggris ini menyebut, para pemain baru di timnas Malaysia masih membutuhkan jam terbang untuk bisa memahami strategi yang diinginkan tim pelatih.

Itulah sebabnya, dia berharap semua pemain bisa mendapat kesempatan tampil ketika Harimau Malaya menghadapi dua laga uji coba internasional jelang Piala AFF 2022.

Pada dua laga itu, timnas Malaysia akan menguji kekuatan Kamboja pada Jumat (9/12/2022) dan Maladewa pada Rabu (14/12/2022).

“Yang penting, pemain mendapatkan menit bermain dan menghadapi pertandingan sesungguhnya adalah cara terbaik untuk memastikan pemain bisa memahami apa yang diinginkan tim pelatih,” katanya.

 

3 dari 4 halaman

Diperkuat 8 Pemain Naturalisasi

Pada pemusatan latihan kali ini, Kim Pan-gon memanggil total delapan personel naturalisasi dengan beragam jam terbang.

Dari delapan nama pemain itu, yang sudah berpengalaman di level internasional ialah Brendan Gan (19 caps), Darren Lok (14 caps), dan Dion Cools (12 caps). Adapun Declan Lambert baru mengemas satu penampilan.

Sementara itu, empat nama pemain naturalisasi lainnya belum pernah sekalipun memperkuat Harimau Malaya di ajang internasional. Mereka adalah Lee Tuck, Sergio Aguero, Stuart Wilkin, dan David Rowley.

 

4 dari 4 halaman

Dominasi Wajah Baru

Sebetulnya, Kim Pan-gon memanggil total 41 nama pemain untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) persiapan menghadapi Piala AFF 2022. Namun, hanya 29 nama yang bisa memenuhinya.

Tercatat ada 12 pemain yang tidak bisa berangkat karena berbagai alasan, mulai dari urusan pribadi, komitmen keluarga, hingga masalah cedera. 

Dari daftar nama yang ada, memang Sebagian besar merupakan wajah baru. Hanya ada segelintir pemain yang jadi langganan timnas Malaysia.

Mereka adalah Safawi Rasif, Faisal Halim, Dominic Tan, Dion Cools, Brendan Gan, hingga Darren Lok. Sisanya masih terhitung minim mencatat menit bermain di laga internasional.

Sumber: Berita Harian

Video Populer

Foto Populer