Sukses


PSS Bakal Rombak Materi Pemain di Putaran Kedua BRI Liga 1 2022 / 2023, Kenapa Ya?

Bola.com, Sleman - Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro mengisyaratkan bakal melakukan perombakan dalam skuadnya pada putaran kedua BRI Liga 1 2022/2023. Hal ini diungkapkan Seto menyusul kekalahan 0-1 dari Madura United dalam lanjutan Liga 1 pekan ke-13 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Kamis (8/12/2022) sore.

Ya, hasil minor itu membuat posisi PSS Sleman di klasemen Liga 1 semakin rawan. Klub berjulukan Super Elang Jawa itu berada diambang zona degradasi atau posisi ke-15 dengan torehan 12 poin dari 13 laga.

"Hasil ini akan jadi evaluasi. Mungkin sebelum jeda kami mencoba perbaiki. Ini jadi masalah buat kami sebetulnya sudah kami perbaiki artinya saya ya harus bilang mungkin kualitas pemain tapi coba kami perbaiki saja," ujar Seto Nurdiyantoro.

"Kita kuat-kuatan sampai putaran pertama ini, harapannya tetap fokus dan kompak apapun yang terjadi kita lakukan bersama dan ini menjadikan evaluasi," sambung sang juru taktik PSS Sleman.

2 dari 6 halaman

3 Pemain Absen

Dalam duel melawan Madura United, hanya Ze Valente satu-satunya pemain asing yang masuk sebagai starter. Tiga nama lainnya yakni Jihad Ayoub, Mychell Chagas dan Tallyson Duarte tidak dimainkan.

Padahal, Tallyson sebetulnya sudah bisa bermain setelah absen melawan Bhayangkara FC karena akumulasi kartu kuning. Seto pun menjelaskan alasan tidak memainkan ketiga pilar asing karena mereka dalam kondisi kurang fit.

"Mereka cedera. Kemarin di latihan terakhir cedera, sebelumnya Duarte yang kemarin akumulasi juga ada kendala. Ayoub juga kondisinya belum baik," jelas Seto Nurdiyantoro.

3 dari 6 halaman

Alarm Bahaya

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by PSS Sleman (@pssleman)

Seto Nurdiyantoro menyebut kekalahan demi kekalahan yang didapat di BRI Liga 1 menjadi warning tersendiri bagi PSS Sleman. Tidak hanya tim, pemain, tetapi juga jajaran tim pelatih.

"Ya ini jadi alarm buat PSS, buat pemain dan saya juga. Jadi semuanya sama tapi kalau seandainya nanti (datangkan pemain) pasti ada. Keluar masuk pemain pasti ada tapi kalau belanda besar-besaran kami belum tahu pasti tapi ke depannya untuk memperbaiki peringkat PSS pasti salah satunya ke arah sana," katanya.

4 dari 6 halaman

Skuad Kurang Solid

Bursa transfer paruh musim BRI Liga 1 2022-2023 memang belum dibuka. Tetapi, PSS Sleman telah berancang-ancang. Mereka sudah memiliki rencana untuk membentuk skuad yang lebih solid di putaran kedua nanti.

Lasakar Sembada berencana melakukan penyegaran komposisi pemain. Artinya bakal ada pemain yang terdepak dari skuad Elang Jawa. Bukan hanya pemain asing, kinerja pemain lokal juga akan dievaluasi jajaran tim pelatih.

Aktivitas di jendela transfer tak lepas dari hasil pada putaran pertama yang kurang begitu memuaskan. Sehingga mendatangkan amunisi anyar tentu bisa menjadi solusi tepat bagi PSS bersaing di putaran kedua BRI Liga 1 tahun depan.

"Saya pikir hampir semua lini cuma saat ini yang saya lihat lini tengah oke lah. Tapi mungkin kalaupun ada penambahan tapi yang kami soroti hampir semua lini, tapi lebih ke di depan dan belakang. Tapi lini tengahpun akan kami evaluasi," ungkap Seto Nurdiyantoro.

5 dari 6 halaman

Pemain Asing Jadi Sorotan

Sebelumnya, mantan pelatih PSIM Jogjakarta itu menyatakan pihaknya sudah memiliki gambaran terkait pemain yang akan direkrut. Hanya, soal identitas sang pemain Seto belum bisa membeberkan. "Gambaran incaran pemain yang oke, ya sudah ada tapi kepastiannya belum," bebernya belum lama ini.

Sementara untuk pemain yang kemungkinan dilepas, Seto sempat mengisyaratkan satu nama. Yaitu striker asing Mychell Ruan Da Silva Chagas. Ya, pemain asal Brasil itu menjadi sorotan karena performanya dianggap bapuk alias jelek.

Dari 11 penampilan, dia belum mencetak satu gol pun bersama PSS. Karena itu kualitas pemain asal Brasil itu mulai diragukan. Seto juga secara terang-terangan mengaku kalau penampilan Chagas tak sesuai ekspektasi.

Menilik statistik, Chagas memang kalah dalam produktivitas dibandingkan dua pemain asing lainnya. Yakni Tallysson Lucas Souza Duarte yang berposisi bek dan Jose Pedro Magalhaes Valente (gelandang). Duarte sejauh ini membukukan dua gol dan satu assist. Kemudian, Ze Valente mencetak dua assist. Sedangkan satu pemain asing lainnya, Jihad Ayoub (gelandang) menyarangkan satu assist.

Seto menyebut, masing-masing individu pemain asing memang berbeda. Dia menilai, ada yang bisa beradaptasi dengan cepat, ada pula yang belum menemukan performa terbaik.

6 dari 6 halaman

Tengok Posisi PSS Saat Ini

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by BRI Liga 1 (@liga1match)

Video Populer

Foto Populer