Sukses


Komdis PSSI Jatuhkan Sanksi Berat buntut Ludah-ludahan di Liga 1: Diego Michiels Dilarang Main 8 Laga, Michael Krmencik 6 Partai

Bola.com, Jakarta - Aksi ludah-ludahan bek Borneo FC Samarinda, Diego Michiels dan penyerang Persija Jakarta, Michael Krmencik di Liga 1 2022/2023 berujung hukuman berat dari Komite Disiplin (Komdis) PSSI.

Dalam sidang pada 8 Desember 2022, Komdis PSSI menjatuhi sanksi larangan bermain selama delapan laga Liga 1 untuk Diego Michiels plus denda Rp10 juta.

Sementara, Komdis PSSI mengenai hukuman enam partai tidak boleh bermain buat Michael Krmencik dengan nominal denda yang sama seperti Diego Michiels.

Kejadian bermula ketika Persija Jakarta bentrok dengan Borneo FC dalam pekan ke-12 Liga 1 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Selasa (6/12/2022) malam WIB.

2 dari 6 halaman

Duel Diego Michiels Vs Michael Krmencik

Hampir sepanjang pertandingan, Diego Michiels menempel ketat Michael Krmencik yang beratribut sebagai bomber berbahaya Persija Jakarta.

Sekitar pada menit ke-75, Diego Michiels meludahi Michael Krmencik dari Belakang. Tidak terima, Krmencik balik meludahi Diego dari depan.

Belakangan dalam klarifikasinya, Diego Michiels mengklaim lebih dulu diludahi oleh Michael Krmencik. Makanya, pemain naturalisasi itu melakukan pembalasan.

3 dari 6 halaman

Insiden Ludah-ludahan

Diego Michiels lalu memukul wajah Michael Krmencik dari samping menggunakan tangan kirinya. Krmencik jatuh dan membutuhkan perawatan.

Seusai insiden itu, wasit Yeni Krisdianto berdiskusi dengan asistennya di belakang gawang Borneo FC. Lantas, Yeni mengumpulkan Diego Michiels dan Michael Krmencik.

Yeni Krisdianto lebih dulu memberikan kartu kuning bagi Michael Krmencik dan kartu merah kepada Diego Michiels, yang dianggap menjadi biang keladi kejadian itu.

4 dari 6 halaman

Absen di Sisa Bubble BRI Liga 1

Setelah diusir wasit Yeni Krisdianto, Diego Michiels mengejar Michael Krmencik dan menonjok kepalanya dari belakang.

Para pemain dari Persija dan Borneo FC lalu menjauhi Diego Michiels dari Michael Krmencik. Pemain naturalisasi itu berjalan keluar lapangan dan menyerahkan ban kapten kepada Javlon Guseynov.

Akibat hukuman berat dari Komdis PSSI ini, Diego Michiels dan Michael Krmencik akan absen sepanjang bubble BRI Liga 1 yang digelar hingga pekan ke-17 atai menghabisi putaran pertama.

5 dari 6 halaman

Sanksi Komdis PSSI untuk Diego Michiels dan Michael Krmencik

1. Sdr. Diego Robbie Michiels (Pemain Borneo FC Samarinda)

- Nama Kompetisi: BRI Liga 1 2022/2023- Pertandingan: Persija Jakarta vs Borneo FC Samarinda

- Tanggal Kejadian: 6 Desember 2022

- Jenis Pelanggaran: melakukan aksi meludahi dan pemukulan kepada pemain lawan serta mendapatkan kartu merah langsung

- Hukuman: tambahan larangan bermain sebanyak 8 pertandingan sejak keputusanini diterbitkan dan berlaku pada pertandingan terdekat; Denda Rp10.000.000,-

2. Sdr. Michael Krmencik (Pemain Persija Jakarta)

- Nama Kompetisi: BRI Liga 1 2022/2023

- Pertandingan: Persija Jakarta vs Borneo FC Samarinda

- Tanggal Kejadian: 6 Desember 2022

- Jenis Pelanggaran: melakukan aksi meludahi pemain lawan

- Hukuman: tambahan larangan bermain sebanyak 6 pertandingan sejak keputusanini diterbitkan dan berlaku pada pertandingan terdekat; Denda Rp10.000.000,-

6 dari 6 halaman

Klasemen Sementara BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer