Sukses


Setelah Justin Hubner dan Ivar Jenner, PSSI Akan Naturalisasi Rafael Struick untuk Timnas Indonesia U-20 demi Piala Dunia U-20 2023

Bola.com, Jakarta - PSSI akan menaturalisasi Rafael Struick. Penyerang kelahiran Belanda itu diproyeksikan untuk membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan mengabarkan bahwa Rafael Struick telah tiba di Jakarta pada Kamis (15/12/2022). Dia bakal menjalani serangkaian awal proses naturalisasi buat Timnas Indonesia U-20.

Rafael Struick adalah pemain berusia 19 tahun yang membela ADO Den Haag di Keuken Kampioen Divisie atau kasta kedua Liga Belanda. Dia baru bermain dua kali dengan catatan 11 menit bertanding.

"Semalam, Rafael Struick datang ke Indonesia dan langsung dijemput oleh Bung Hamdan Hamedan," tulis Iriawan dalam akun Instagramnya, @mochamadiriawan84, Jumat (16/12/2022).

2 dari 5 halaman

Sudah Tidak Sabar

Hamdan Hamedan adalah utusan PSSI yang mencari pemain keturunan untuk dinaturalisasi. Pria yang juga CEO KESAN App itu sempat mengunjungi Belanda pada Oktober 2022.

"Di sela kesibukannya dengan ADO Den Haag, dua menyempatkan waktu untuk melengkapi dokumen dan tes medis sebagai syarat untuk mendapatkan kewarganegaraan Indonesia," imbuh Iriawan.

"Dia mengaku sudah tidak sabar lagi untuk segera berseragam Timnas Indonesia U-20," jelas pria yang karib dipanggil Iwan Bule tersebut.

3 dari 5 halaman

Diapresiasi Shin Tae-yong

Rafael Struick telah mengikuti seleksi bersama Timnas Indonesia U-20 dalam pemusatan latihan dan rangkaian uji coba di Spanyol pada November 2022. Dia mencetak satu gol ketika tim berjulukan Garuda Nusantara itu kalah 1-2 dari Slovakia.

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong disebut terpikat dengan penampilan Rafael Struick sehingga PSSI memutuskan untuk menaturalisasinya demi Piala Dunia U-20 2023.

"Selama menjalani trial beberapa waktu lalu, permainan Rafael Struick diapresiasi oleh coach Shin Tae-yong," imbuh Iriawan.

4 dari 5 halaman

Nenek Lahir di Semarang

Rafael Struick akan menyusul Justin Hubner dan Ivar Jenner, dua pemuda asal Belanda lainnya yang tengah menjalani proses dinaturalisasi untuk kepentingan Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

"Rafael Struick merasa nyaman dan diterima ketika bergabung dengan Timnas Indonesia U-20," tutur Iriawan.

"Untuk diketahui, Rafael Struick memiliki darah Indonesia dari neneknya yang lahir di Semarang, Jawa Tengah," terangnya.

5 dari 5 halaman

Unggahan Iwan Bule

Video Populer

Foto Populer