Sukses


Mantap! Pratama Arhan Selangkah Lagi Singkirkan Legenda Vietnam untuk Gol Terbaik Sepanjang Sejarah Piala AFF

Bola.com, Jakarta - Bek kiri Timnas Indonesia, Pratama Arhan, kini tinggal selangkah lagi untuk menyingkirkan legenda Vietnam, Le Cong Vinh, dalam perebutan penghargaan gol terbaik sepanjang sejarah Piala AFF.

Sebelumnya, Pratama Arhan memang sempat mencetak gol yang luar biasa pada Piala AFF 2020. Saat itu, dia melepaskan sepakan roket yang mengoyak jala gawang Timnas Malaysia.

Gol inilah yang akhirnya terpilih menjadi salah satu nominasi AFF Championship Greatest Goal. Secara keseluruhan, AFF memilih 16 gol terbaik yang pernah tercipta di ajang dua tahunan ini.

Untuk saat ini, hanya tinggal dua nominasi yang tersisa untuk memenangkan penghargaan gol terbaik sepanjang sejarah Piala AFF.

Selain gol yang dicetak Pratama Arhan, satu nominasi lainnya ialah gol istimewa legenda Vietnam, Le Cong Vinh, yang tercipta pada Piala AFF 2008 atau yang saat itu bertajuk Piala Tiger.

2 dari 6 halaman

Gol Legendaris Le Chong Vinh

Gol yang dicetak Le Cong Vinh untuk Timnas Vietnam pada Piala Tiger 2008 memang sangat spesial bagi masyarakat di Negeri Paman Ho.

Pasalnya, gol yang tercipta melalui tandukan penyerang kelahiran 10 Desember 1985 itu tercipta pada menit-menit akhir pertandingan leg kedua partai final melawan Thailand.

Pada leg sebelumnya, Vietnam memang sempat unggul 2-1 ketika bertanding melawan Thailand di Stadion Rajamangala, Bangkok, 24 Desember 2008.

Namun, saat bermain di kandang, mereka justru tertinggal cepat lewat gol Teerasil Dangda pada menit ke-21. Setelah berjuang sepanjang laga, skuad The Golden Star akhirnya berpesta jelang duel berakhir.

Pasalnya, pada menit ke-90+3, Le Cong Vinh sukses mencetak gol via tandukannya ketika menghadapi skema bola mati.

3 dari 6 halaman

Gelar Juara Pertama

Bagi Le Cong Vinh, gol ini tentu saja terasa begitu spesial. Sebab, dengan kedudukan 1-1 pada leg kedua itu, Vietnam sukses unggul agregat 3-2 sehingga sukses meraih gelar juara Piala Tiger 2008.

Ini merupakan gelar juara Piala AFF pertama yang sukses diraih oleh The Golden Star setelah pada enam edisi sebelumnya gagal merengkuhnya.

Sebetulnya, Vietnam sempat lolos ke final pada edisi yang kedua, yakni 1998. Namun, pada partai puncak, mereka harus gigit jari karena takluk 0-1 dari Singapura.

Itulah sebabnya, gol yang dicetak Le Cong Vinh ini sangat legendaris. Sebab, gol ini punya makna mendalam bagi seluruh masyarakat Vietnam yang sudah menanti gelar juara pertamanya di ajang ini.

4 dari 6 halaman

Pratama Arhan Unggul Jauh

Dari pantauan Bola.com hingga Jumat (16/12/2022), gol yang dicetak Pratama Arhan sudah mendapatkan suara yang lebih banyak ketimbang Le Cong Vinh.

Saat ini, sudah ada 1711 suara yang didapatkan dari total 2042 pemilih. Adapun Le Cong Vinh baru mengumpulkan 325 suara.

Dengan kata lain, pemain yang kini merumput bersama Tokyo Verdy itu sudah mendulang 84,08% dari keseluruhan suara, berbanding 15,92% milik Le Cong Vinh.

Sampai saat ini, proses pemungutan suara masih terus berlangsung. AFF rencananya akan menutup jejak pendapat ini pada Minggu (18/12/2022).

5 dari 6 halaman

Skuad Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Kiper: Nadeo Argawinata, Muhammad Riyandi, Syahrul Trisna,

Bek: Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Jordi Amat, Sandy Walsh, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Muhammad Ferarri, Pratama Arhan, Hansamu Yama, Andy Setyo, Edo Febriansyah

Gelandang: Marc Klok, Syahrian Abimanyu, Marselino Ferdinan, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Dzaky Asraf, Yakob Sayuri, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani

Penyerang: Ilija Spasojevic, Muhammad Rafli, Dendy Sulistyawan, Ramadhan Sananta

6 dari 6 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Fase Grup

23 Desember 2022

  • Timnas Indonesia Vs Kamboja

26 Desember 2022

  • Brunei Darussalam Vs Timnas Indonesia

29 Desember 2022

  • Timnas Indonesia Vs Thailand

2 Januari 2023

  • Filipina Vs Timnas Indonesia

Semifinal Piala AFF 2022

Leg Pertama

6 Januari 2023

  • Juara Grup A Vs Runner-up Grup B

7 Januari 2023

  • Runner-up Grup B Vs Juara Grup A

Leg Kedua

9 Januari 2023

  • Juara Grup B Vs Runner-up Grup A

10 Januari 2023

  • Juara Grup A Vs Runner-up Grup B

Final

  • Leg Pertama 13 Januari 2023
  • Leg Kedua 16 Januari 2023

Video Populer

Foto Populer